Hendropriyono Laporkan Penulis Buku Jokowi Undercover

Hendro melapor karena namanya disebut-sebut dalam buku Jokowi Undercover, yang ditulis Bambang Tri Mulyono.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 06 Jan 2017, 08:35 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2017, 08:35 WIB
Gara-gara Kirim Kamus ke Pesantren, Hendropriyono Diperiksa KPK
Kepala BIN periode 2001-2004 itu diperiksa sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana pencucian uang yang menjerat tersangka Anas Urbaningrum. (Liputan6.com/Faisal R. Syam)

Liputan6.com, Jakarta - Polisi terus menyelidiki dugaan pencemaran nama baik yang ada di dalam buku Jokowi Undercover. Menurut polisi, yang melaporkan penulis buku tersebut adalah mantan Kepala BIN Hendropriyono.

"(Sudah melaporkan) 21 Desember dan sudah memberikan kesaksian juga," kata Karopenmas Polri Brigjen Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 5 Desember 2017.

Hendro melapor karena namanya disebut-sebut di dalam buku yang ditulis Bambang Tri Mulyono itu.

"Kan yang bersangkutan disebut-sebut di dalam buku tersebut. Mereka yang disebut tak sesuai dengan fakta yang mereka alami dan ketahui," ujar Rikwanto.

Penyelidikan saat ini mulai meluas setelah Bareskrim menetapkan Bambang sebagai tersangka. Polisi menyelidiki siapa saja pemesan dan pendistribusi buku.

"Apa pesanannya online atau ditaruh di toko, ini yang sedang didalami," Rikwanto membeberkan.

Rikwanto menambahkan, tersangka dinilai tidak kooperatif dalam memberikan keterangan kepada penyidik. Selain itu, penyidik juga mengembangkan ke arah pendana penerbitan buku Jokowi Undercover.

"Kemudian kita kembangkan juga apakah ada yang back up dia dalam menulis itu, paling tidak ada yang kasih data, walau data itu tidak benar ya. Selama ini soalnya seolah hanya dia sendiri yang koleksi data," kata Rikwanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya