265 Personil Drum Corps Gita Jaya Wiratam Meriahkan HUT Korpri 46

Drumband Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi ikut menyemarakan upacara peringatan HUT KORPRI ke-46.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 30 Nov 2017, 12:58 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2017, 12:58 WIB
265 Personil Drum Corps Gita Jaya Wiratam Meriahkan HUT Korpri 46
Drumband Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi ikut menyemarakan upacara peringatan HUT KORPRI ke-46.
Liputan6.com, Jakarta Drumband Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi ikut menyemarakan upacara peringatan HUT KORPRI ke-46 pada Rabu (28/11) di silang monas, Jakarta Pusat.
 
Drumband bernama Drum Corps Gita Jaya Wiratama yang beranggotakan 265 personil ini, tampil di depan para peserta upacara dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, membawakan 5 lagu yang berjudul pesta, selamat datang pahlawan muda, purcussion future, kereta malam dan syukur.
 
Kepala Pusat Pembinaan Ketarunaan STTD Bekasi yang sekaligus Pembina Drumband STTD, Pamudjo, menyatakan bahwa tim binaannya tersebut melakukan persiapan khusus untuk penampilan ini.
 
"Kita adakan latihan khusus untuk penampilan ini, ada 5 kali latihan di luar jam belajar para taruna, karena kita tampil tidak hanya membawa nama STTD, tapi Kementerian Perhubungan," ujar Pamudjo.
 
Pamudjo juga mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan drumband tidak hanya sekedar ekstra kurikuler tapi banyak nilai yang ditanamkan ke peserta diklat melalui kegiatan ini. "Banyak nilai yang terkandung di drumband, yang pasti ada kebanggaan, membentuk kedisiplinan. Kita ajarkan mereka tahap demi tahap. Intinya buat pelajaran jika mereka nanti jadi pemimpin. Nilai disiplin itu kita tanamkan dari sekarang," ungkap Pamudjo.
 
Taruna remaja, Adi M. Kamal, yang merupakan salah satu personil drumband ini, mengungkapkan bahwa penampilan mereka di upacara organisasi pegawai negeri ini bukan pertama kalinya.
 
"Penampilan ini bukan penampilan pertama kami, bahkan di upacara KORPRI ini sudah kedua kalinya, namun kita tetap latihan secara khusus, karena setiap penampilan bagi kami tetap diperlakukan istimewa," ungkap pemain bass tuba.
 
Adi juga menjelaskan bahwa drumband STTD juga sering tampil di acara penting lainnya dan pihak sekolah sangat mendukung penampilan tersebut.
 
"Beberapa kali kami hadir di acara Kemenhub, tapi juga sering di acara luar Kemenhub, bahkan Pemerintah Daerah," ujar Adi.
 
Senada dengan Adi, Ketua STTD Bekasi, Suharto, juga mengungkapkan bahwa drumband binaannya ini sering mendapat undangan tampil dari berbagai pihak.
 
"Selain KORPRI, kita juga sering diminta tampil di acara-acara nasional seperti Hari Kesaktian Pancasila, Pameran Buku Nasional dan banyak lagi acara lain, bahkan pernah diminta main di Sragen, Jawa Tengah," ungkap Suharto.
 
Suharto juga menambahkan bahwa kegiatan drumband sangat menunjang dalam pembentukan karakter peserta didik untuk mencapai lulusan yang diinginkan.
 
"Kita tidak hanya mendidik dan melatih, tapi kita juga membentuk karakter taruna kita, sehingga kegiatan ekstrakurikuler pun kita pilih yang mendukung hal tersebut, salah satunya drumband ini sangat berperan dalam membentuk budaya disiplin, tekun, kerja sama tim, kepemimpinan, disamping penyaluran bakat seni para taruna," tambah Suharto.
 
 
 
(PR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya