Siapa Calon dari Polri Gantikan Heru Winarko di KPK?

Irjen Heru Winarko resmi menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Budi Waseso yang pensiun

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 02 Mar 2018, 03:17 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2018, 03:17 WIB
Salam Komando Budi Waseso untuk Kepala BNN Heru Winarko
Kepala BNN Irjen Heru Winarko berpose bersama Komjen Budi Waseso atau Buwas usai resmi dilantik di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3). Heru menggantikan Budi Waseso yang mulai pensiun dari Polri mulai hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Irjen Heru Winarko resmi menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Budi Waseso yang pensiun. Praktis, jabatan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang semula diemban Heru kini kosong.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengaku belum mengetahui siapa sosok anggota kepolisian yang bakal diajukan sebagai pengganti Heru Winarko di KPK. Belum ada usulan nama dari Polri.

"Penggantinya belum tahu. Belum ada. Pak Kapolri aja mungkin hari ini baru mendarat (dari umrah)," ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Menurut Setyo, posisi Deputi Penindakan KPK dipilih melalui mekanisme open bidding atau lelang jabatan. Lelang tersebut hanya bisa diikuti oleh orang-orang dari unsur penegak hukum, yakni polri dan kejaksaan.

Namun Setyo mengaku belum tahu siapa anggota Polri yang bakal mengikuti lelang jabatan Deputi Penindakan KPK. Jenderal bintang dua itu enggan mencampuri lebih jauh soal pergantian jabatan di lembaga antirasuah itu.

"Kalau open bidding, itu kan kewenangannya (KPK), istilahnya itu urusan tetangga. Saya nggak mau anu," ucap Setyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KPK Segera Putuskan

Salam Komando Budi Waseso untuk Kepala BNN Heru Winarko
Komjen Budi Waseso atau Buwas (kanan) mengejar Kepala BNN Irjen Heru Winarko (kiri) usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3). Karier Heru yang merupakan pria kelahiran Jakarta, 1 Desember 1962 cukup cemerlang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo memastikan akan segera mencari pengganti Irjen Heru Winarko sebagai Deputi Bidang Penindakan di KPK, usai ditunjuk Jokowi jadi Kepala BNN.

Untuk sementara, kata Agus, akan ada seorang Direktur di KPK yang akan mengisi jabatan sementara sebagai Deputi Bidang Pendindakan.

 "Ya nanti salah satu direktur di bawahnya jadi plt. Tapi segera akan kita lakukan tes. Segera itu enggak lama," kata Agus di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Menurut Agus, pihaknya akan melelang dan tes terbuka untuk mengisi jabatan yang ditinggal oleh Heru. Ia mengatakan posisi itu bisa diisi oleh anggota Polri maupun jaksa yang bertugas di KPK.

"Tanggal 10 Maret tesnya. Mudah-mudahan bukan hari minggu. Kita lakukan dengan terbuka. Jadi kita undang kejaksaan kita undang polisi juga dari dalam," ucap Agus.

Ketika disinggung mengenai peluang Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman berpeluang menggantikan Heru, Agus tidak bisa memastikan.

"Enggak. Karena Pak Aris ada penugasan yang lain," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya