Gunung Sinabung Meletus Lagi, PVMBG: Waspadai Erupsi Susulan

Gunung Sinabung meletus lagi sejak Jumat sore hingga ketinggian lima kilometer. PVMBG mengimbau agar warga waspada terhadap erupsi susulan.

oleh Rinaldo diperbarui 07 Apr 2018, 07:53 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2018, 07:53 WIB

Liputan6SCTV, Karo - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus dengan ketinggian abu mencapai 5.000 meter, atau 5 kilometer pada Jumat sore, 6 April 2018, pusat vulkanologi memperkirakan masih akan terjadi erupsi susulan.

Seperti ditayangkan Liputan6 Malam SCTV, Sabtu (7/4/2018), kuatnya erupsi membuat abu vulkanik mencapai ketinggian hingga 5.000 meter ke arah tenggara timur. Warga sekitar gunung pun memilih berdiam di rumah untuk menghindari hujan abu. Erupsi kali ini merupakan yang pertama, sejak terjadi letusan besar pada 19 Maret 2018 lalu.

Kepala tim Pos PVMBG Gunung Api Sinabung Umar Rosaidi memperkirakan, masih akan terjadi erupsi susulan dan awan panas pada Gunung Sinabung, karena masih terdeteksi adanya gempa kecil susulan.

Jumat malam, dampak erupsi mengakibatkan sejumlah desa di bagian barat lereng Gunung Sinabung mengalami hujan pasir. Di Desa Tiga Nderket, Kabupaten Karo, selain terpapar abu vulkanik, juga terjadi hujan pasir dan kerikil selama sekitar 30 menit.

Material abu vulkanik yang menutupi jalanan dan sebagian besar wilayah desa, yang mengakibatkan aktivitas warga lumpuh total. Gunung Sinabung masih berstatus siaga level empat. Warga pun diimbau untuk tidak memasuki zona berbahaya dan senantiasa mengenakan masker guna menghindari penyakit ISPA.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya