Polisi Dalami Unsur Pidana Dugaan Intimidasi Ibu dan Anak di CFD

Iqbal meminta bila ada pihak yang merasa diintimidasi dalam acara CFD untuk melapor kepada pihak kepolisian.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 30 Apr 2018, 13:37 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2018, 13:37 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen, Mohammad Iqbal (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen, Mohammad Iqbal (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal menyampaikan, pihak kepolisian turut mendalami adanya unsur pidana atas dugaan tindak persekusi terhadap ibu dan anak di car free day (CFD), Jakarta.

"Terkait dengan upaya-upaya intimidasi, persekusi, upaya tidak menyenangkan di CFD kemarin di Bundaran HI dan sekitarnya, kami sangat menyayangkan itu dan kami akan mendalami apakah ada perbuatan melawan hukum atau tidak," tutur Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Senin (30/4/2018).

Iqbal berharap kejadian itu tidak terulang kembali sebab dapat mencederai bangsa Indonesia sebagai negara demokrasi.

"Kebebasan mengeluarkan pendapat tidak akan kami larang, seperti yang menggunakan kaus tagar itu hak mengekspresikan. Tapi caranya jangan melanggar hukum," jelas dia.

Untuk ke depannya, jika merasa telah menjadi korban tindak pidana, segeralah melapor ke pihak kepolisian terdekat. Petugas pasti berada di lokasi-lokasi yang ramai dengan berkumpulnya masyarakat.

"Polisi pasti ada di sana. Laporkan ke kantor polisi terdekat, pos polisi terdekat, laporkan ke personel kami di lapangan, bahwa saya diintimidasi si A, si B, si C. Kita akan amankan dan ambil keterangan. Bilamana ada perbuatan melawan hukum, kami akan selidiki," Iqbal menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


#DiaSibukKerja vs #2019GantiPresiden

Sempat Diguyur Hujan, Car Free Day Tetap Ramai Pengunjung
Suasana saat warga memadati Jalan Jendral Sudirman dan MH Thamrin ketika pelaksanaan car free day (CFD) di Jakarta. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Rekaman video dugaan intimidasi terhadap orang berkaus #DiaSibukKerja saat car free day di Thamrin, Jakarta, menjadi viral. Dalam rekaman itu, sejumlah orang berkaus #2019GantiPresiden mengerubungi dan mengimingi-imingi uang kepada mereka yang mengenakan kaus #DiaSibukKerja.

Rekaman video lainnya juga menggambarkan tindakan intimidasi sejumlah orang terhadap perempuan yang membawa seorang anak. Sang anak bahkan menangis mendapatkan perlakuan tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya