Peringati May Day 2018, Buruh Orasi di Depan Gerbang KBN Cakung

Rencananya, ratusan buruh masih akan menunggu rekan-rekannya dari Bekasi dan sekitarnya.

oleh Moch Harun Syah diperbarui 01 Mei 2018, 10:09 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2018, 10:09 WIB
Moch Harun Syah/Liputan6.com
Ratusan buruh menggelar demo di depan gerbang KBN.

Liputan6.com, Jakarta Ratusan buruh di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) di Jalan raya Cakung-Cilincing, menggelar orasi di depan gerbang memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day 2018. Dari atas mobil komando koordinator aksi terus menyuarakan penolakan PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (1/5/2018), ratusan buruh terus berteriak dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan buruh, seperti lagu 'Ayo Lawan Hidup Buruh'.

Rencananya, ratusan buruh masih akan menunggu rekan-rekannya dari Bekasi dan sekitarnya. Nantinya mereka akan bergabung di Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok.

Sementara puluhan petugas gabungan berjaga di kawasan tersebut. Sampai sejauh ini, aksi buruh berlangsung tertib. Arus lalu lintas di kawasan itu juga terhitung lengang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Padati Monas

Nanda Perdana Putra/Liputan6.com
Ratusan buruh mulai mendatangi kawasan Monas.

Sementara itu, ratusan buruh mulai memadati ruas jalan di sekitaran Monumen Nasional (Monas). Mereka mulai bersiap merayakan peringatan hari buruh sedunia alias May Day, Selasa hari ini.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (1/5/2018), massa demo buruh mulai ramai memasuki Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 08.30 WIB. Mereka saling berkonsolidasi antar kelompok.

Tampak di antaranya kelompok buruh membawa bendera Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Sementara itu, para Pedagang Kaki Lima (PKL) juga turut merapat ke lokasi tempat buruh akan demo. Mereka mencari peruntungan di tengah para demonstran dengan menjajakan sejumlah dagangan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya