Top 3 News Hari Ini: Rizieq, Amien, dan Prabowo Himpun Kekuatan di Tanah Suci

Top 3 news hari ini, Rizieq Shihab bahkan mendorong PAN berkoalisi dengan Gerindra, PKS, dan PBB.

oleh Muhammad AliMaria FloraLiputan6.com diperbarui 04 Jun 2018, 21:10 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2018, 21:10 WIB
Merdeka.com
Amien Rais dan Prabowo bertemu Rizieq Shihab di Mekah. (Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, di Tanah Suci Mekah, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais dan Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Selain bersilaturahmi, ketiga tokoh juga membicarakan masalah kondisi dan situasi sosial politik di Tanah Air. Rizieq bahkan mendorong PAN berkoalisi dengan Gerindra, PKS, dan PBB.

Beragam tanggapan pun datang dari berbagai pihak atas pertemuan ketiganya itu. Salah satunya dari Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy.

Menurutnya, upaya membangun konsolidasi di Tanah Suci tidak bisa menjamin kemenangan seseorang. Sebab, banyak aktor Tanah Air yang gagal membina rumah tangga kendati telah melangsungkan pernikahan di Mekah.

Kabar lainnya yang tak kalah menyita perhatian di Liputan6.com, penampakan Gunung Merapi yang kembali erupsi. Meski tekanan gas melemah, pagi tadi, asap putih yang membumbung tinggi terus mengarah ke barat. 

Meski demikian, BPPTKG tetap mengimbau masyarakat yang tinggal dekat dengan puncak Gunung Merapi lebih waspada.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News Hari Ini:

1. Konsolidasi Politik Amien dan Prabowo di Tanah Suci

Amien Rais dan Prabowo bertemu Rizieq Shihab di Mekah. (Merdeka.com)

Tanpa direncakan, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bertemu di Tanah Suci, Mekah, Arab Saudi.

Setelah menyelesaikan ibadah, keduanya sempat bersilaturahmi. Mereka lalu bertemu Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di kediamannya, Mekah. Suasana perjamuan berlangsung santai. 

Ketua Persaudaraan Alumni 212, Slamet Maarif mengungkapkan ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan itu. Di antaranya, Rizieq meminta kepada Gerindra dan PAN segera berkoalisi jelang Pilpres 2019.

Rizieq juga berkomentar tentang rekomendasi capres yang dilakukan alumni 212. Selain nama Rizieq, ada nama Prabowo Subianto yang masuk rekomendasi.

Selengkapnya... 

2. Masih Berstatus Waspada, Begini Penampakan Gunung Merapi Pagi Ini

Warga menyaksikan Gunung Merapi meletus di Cangkringan, Yogyakarta, (1/6). Gunung Merapi kembali meletus mengeluarkan abu mencapai ketinggian sekitar 6 kilometer (4 mil) dan berlangsung dua menit. (AP Photo/Slamet Riyadi)

Pagi tadi, asap putih tebal masih membumbung dari puncak Gunung Merapi. Ketinggian asap kurang lebih mencapai 1.000 meter mengarah ke barat.

Pihak Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknonlogi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) tetap meminta masyarakat yang tinggal dalam kawasan relatif dekat dengan puncak Gunung Merapi untuk meningkatkan kewaspadaan dan tak perlu panik.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengungkapkan, asap solfatara yang keluar dari Gunung Merapi merupakan peristiwa normal. 

Selengkapnya... 

3. Kemendagri: Anggaran THR dan Gaji 13 Daerah Bisa Diambil dari 3 Sumber

Ilustrasi THR. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sumber pemberian THR, gaji ke-13 bagi kepala daerah, anggota DPRD dan pegawai negeri sipil (PNS) pemda dapat bersumber dari tiga hal. Yaitu lewat anggaran Belanja Tidak Terduga,  penjadwalan ulang kegiatan, dan kalau masih belum cukup mengambil uang yang tersedia di kas daerah.

Penyesuaian anggaran THR dan gaji ke-13 itu dilakukan dengan mengubah penjabaran APBD Tahun Anggaran 2018 tanpa menunggu perubahan APBD TA 2018, untuk selanjutnya diberitahukan kepada pimpinan DPRD paling lambat sebulan setelah dilakukan perubahan penjabaran APBD tersebut.

Kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 untuk tahun 2018 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni dengan ditambahkan tunjangan kinerja.

Selengkapnya...

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya