Kilas Balik Asian Games 1962 Lewat Suvenir Piringan Hitam

Taukah Anda, apa suvenir Asian Games1962 saat Indonesia jadi tuan rumah? Piringan hitam yang berisi lagu daerah dan nasional.

oleh Sunariyah diperbarui 08 Agu 2018, 09:47 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2018, 09:47 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda apa suvenir yang diberikan pada Asian Games 1962 saat Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya? Piringan hitam. Ya, piringan hitam berisi lagu-lagu daerah dan nasional yang kini menjadi buruan para kolektor.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (8/82018), lagu "Rasa Sayange" diputar melalui piringan hitam dari sang pemilik kolektor suvenir Asian Games bernama Gede Andre Satria.

Piringan hitam yang berusia puluhan tahun ini masih layak didengarkan, seperti sebuah piringan hitam baru. Namun, piringan hitam ini tergolong langka sehingga jadi buruan para kolektor. Bisa memiliki koleksi lengkapnya tentu membuat rasa bangga.

Setiap piringan hitam berisi sekitar delapan lagu daerah maupun nasional dari Sabang sampai Merauke, yang tentunya tak asing di telinga. Selain unik, suvenir ini juga jadi ajang promosi musik Indonesia ke kancah internasional karena diberikan ke seluruh perwakilan negara peserta. (Karlina Sintia Dewi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya