Tingkatkan Iman dan Takwa ASN, Korpri Gelar MTQ Nasional

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IV Tingkat Nasional 2018 di Jakarta, 11-17 November 2018.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 09 Nov 2018, 15:41 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2018, 15:41 WIB
Korpri
Korpri. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IV Tingkat Nasional 2018 di Jakarta, 11-17 November 2018.

MTQ bertemakan 'Dengan MTQ Korpri Wujudkan Anggota Korpri yang Berpikir dan Bekerja Cerdas serta Berakhlakul Karimah' ini merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-47 Korpri yang jatuh setiap 29 November.

Ketua Panitia Nasional HUT ke-47 Korpri Ukus Kuswara mengatakan, MTQ ke-4 ini untuk meningkatkan iman dan takwa (Imtak) kepada Allah melalui pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai Alquran, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai anggota Korpri.

MTQ Korpri dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan juga di kementerian dan lembaga non-pemerintah yang akhirnya bermuara di tingkat nasional.

"MTQ Korpri Tingkat Nasional akan memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional selain uang pembinaan," ujar Ukus melalui keterangan tertulis, Jumat (9/11/2018).

Uus yang juga Sekretaris Kementerian Pariwisata itu  mengatakan, MTQ Korpri tahun ini mendapat dukungan Pemprov DKI Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

MTQ Korpri Nasional ke-4 rencananya dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan akan diikuti para kafilah yang mewakili 34 provinsi dan 76 kementerian/lembaga.

Adapun cabang dan golongan yang dimusabaqahkan atau dilombakan terdiri atas 5 cabang dengan 8 golongan, yakni Tartil Quran (putra dan putri), Tilawah Quran (putra dan putri), Hifzhil Quran terdiri atas golongan Juz 30 (putra dan putri), golongan 2 Juz Plus (surah al-Baqarah/putra dan putri), golongan 5 Juz Plus (surah al-Baqarah sampai an-Nisa/putra dan putri), golongan 7 surat pilihan (al-Kahfi, as-Sajadah, Yasin, ad-Dukhan, ar-Rahman, al-Waqi’ah, dan al-Mulk/putra dan putri).

Kemudian ada cabang Dakwah Quran, golongan da’i dan da’iyah (putra dan putri), dan terakhir cabang Khath Quran, terdiri atas golongan dekorasi (putra dan putri) serta golongan Kaligrafi Kontemporer (putra dan putri).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Malam Taaruf

Ukus menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan MTQ IV Tingkat Nasional Korpri diiawali dengan malam ta’aruf dan pelantikan Dewan Hakim di Balai Kota DKI pada Sabtu (10/11).

"Kemudian pembukaan dilaksanakan di Padepokan Pencak Silat TMII pada Minggu (11 November)  yang sebelumnya dimeriahkan acara bazar di Asrama Haji Pondok Gede," kata Ukus.

Adapun babak penyisihan MTQ IV berlangsung dari 12 hingga 14 November. Sedangkan final pada 16 November. Kegiatan ini bakal ditutup secara resmi dengan pengumuman para pemenang pada 17 November. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya