10 Ketua DPD II Golkar Maluku Digantikan Plt, Terkait Dukungan ke Bamsoet?

DPD I Golkar Maluku mencopot jabatan sejumlah Ketua DPD II dan menggantikannya dengan pelaksana tugas (Plt) pada 9 Juli 2019.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Jul 2019, 14:05 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2019, 14:05 WIB
Ribuan Kader Hadiri Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi para petinggi Partai Golkar lainnya benyanyi saat Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (9/4). Kampanye akbar dihadiri ribuan kader dan simpatisan Golkar se-Jabodetabek dan Bandung. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku mencopot jabatan sejumlah Ketua DPD II dan menggantikannya dengan pelaksana tugas (Plt) pada 9 Juli 2019. Rapat pencopotan dan penggantian Plt dipimpin Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku, Richard Rahakbau tanpa dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris DPD.

Adapun 10 Ketua DPD II yang dinonaktifkan dari 11 DPD di provinsi ini, antara lain DPD Kota Ambon, Kabupaten Buru, Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Barat Daya (MBD), Kepulauan Aru, Kota Tual, Maluku Tenggara, Buru Selatan. Sementara Ketua DPD II Kabupaten Kepulauan Tanimbar tetap dipertahankan, karena dinilai berhasil.

Ketua Bidang Kaderisasi DPD Golkar Maluku, Ridwan Marasabessy mengatakan, penonaktifan para Ketua DPD II ini, lantaran tidak meraup suara yang signifikan saat Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 lalu.

Sementara itu, Mantan Ketua Pemenangan Pemilu Partai Golkar Azis Samual mengatakan, penonaktifan tersebut bukan dikarenakan hasil evaluasi partai. Menurutnya peristiwa di Maluku terindikasi berkaitan dengan dukungan yang diberikan kesepuluh pimpinan DPD di Maluku itu kepada Bambang Seosatyo (Bamsoet). Sebab, rapat pleno tersebut diadakan mendadak dan hanya dihadiri Wakil Ketua DPD II Partai Golkar.

"Rapat pleno ya sebenarnya tidak sah karena tidak dihadiri Ketua DPD dan sekretaris DPD. Jadi itu wakil DPD yang pimpin rapat bidang koordinasi kalau nggak salah," kata Azis kepada wartawan di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Azis sangat menyayangkan penonaktifan itu karena terindikasi berkaitan dengan dukungan yang diberikan kesepuluh pimpinan DPD di Maluku itu kepada Bambang Soesatyo (Bamsoet) karena menurutnya pemecatan itu dilakukan atas arahan langsung dari DPP Gokar.

"Berhubungan erat karena 10 DPD yang mendukung Bamsoet itu mereka itu. Lalu itu arahan dari DPP. Itu kan cara yang tidak benar melanggar AD ART. Karena Bamsoet kan juga kader terbaik," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya