Wiranto Kembali Tuding Benny Wenda sebagai Dalang Kerusuhan Wamena

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, kepolisian masih berupaya mencari dalang kerusuhan di Wamena. Apakah Benny Wenda?

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 04 Okt 2019, 19:21 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2019, 19:21 WIB
Bersama Panglima TNI dan Kapolri, Wiranto Bahas RUU KUHP hingga Karhutla
Menko Polhukam Wiranto memberi keterangan usai rapat koordinasi tertutup di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Rapat membahas RUU KUHP, Papua dan Papua Barat, serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pascakerusuhan Wamena yang dimulai dari 23 September 2019, banyak warga non-Papua memilih mengungsi.

Sementara itu, total warga yang meninggal dunia akibat kerusuhan Wamena tercatat mencapai 33 orang. 

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, kepolisian masih berupaya mencari perusuh-perusuh tersebut. Namun, dia menuding Benny Wenda, pemimpin The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) sebagai dalang di balik kerusuhan itu.

"Sudah nanti Kepolisian yang menjelaskan dan yang melakukan seperti ini. Tapi serangan ini kan dilakukan KKB mereka. Itu yang mereka itu kan dapat instruksi langsung dari Benny Wenda untuk menyerang warga pendatang dan melakukan kerusuhan di kota-kota," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Salah satunya, lanjut dia, dilakukan melalui media sosial. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat ikut mendinginkan suasana.

"Kita mengharapkan agar masyarakat yang bergerak di medsos untuk mendinginkan suasana ini atau katakanlah bisa menghilangkan trauma ini," jelas Wiranto.

  

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Mensos Imbau Pendatang Tak Eksodus

Para Pekerja Pabrik Tahu Dibantu Warga Selamat dari Kerusuhan Wamena
Para perantau asal Jawa Timur tiba di Bakorwil III Malang pada 2 Oktober 2019. Mereka pulang pasca kerusuhan Wamena (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengimbau warga tidak eksodus meninggalkan Wamena, Papua. Sebab, saat ini kondisi keamanan mulai kondusif pascakerusuhan di daerah tersebut.

"Saya mengimbau tidak perlu eksodus karena keamanan sudah semakin kondusif," kata Mensos usai melantik pejabat eselon I Kementerian Sosial di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Menurut dia, saat ini, suasana semakin kondusif dan ke depan adanya suatu komitmen dari aparat keamanan untuk menciptakan suasana kondusif di seluruh tanah Papua termasuk Wamena.

"Memang masih ada beberapa warga yang masih khawatir, masih merasa takut dan saya kira itu sangat manusiawi," tambah dia seperti dikutip dari Antara.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya