Mendikbud: Budaya Kita Jadi Penangkal Ideologi yang Bertentangan dengan Pancasila

Dia mengatakan dengan memperkuat sisi budaya, Indonesia sedang menggunakan pendekatan lunak untuk masalah-masalah tersebut.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Okt 2019, 06:27 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2019, 06:27 WIB
Muhadjir Effendy
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat media visit di SCTV Tower, Jakarta, Senin (14/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengingatkan budaya adalah penangkal ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Budaya kita sebagai alat penangkal berbagai macam pengaruh dari luar terutama pikiran yang bertentangan bahkan mengancam ideologi eksistensi kita yaitu Pancasila," kata Muhadjir, di Jakarta, Senin 7 Oktober 2019.

Dia mengatakan dengan memperkuat sisi budaya, Indonesia sedang menggunakan pendekatan lunak untuk masalah-masalah tersebut.

"Ancaman dari luar bisa diimbangi dengan pendekatan halus seperti ini, jadi tidak hanya dengan pendekatan kekerasan," kata dia.

Menurut Muhadjir, agar budaya luhur terus dilestarikan, maka budaya pun harus semakin mutakhir, salah satunya memberi ruang anak muda dalam pelestarian budaya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Tidak Bertentangan dengan Agama

Muhadjir Effendy
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy seusai mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2019). Rapat membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKAKL) Tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menurut dia, budaya sebenarnya juga tidak bertentangan dengan agama.

"Harus ada kompromi, enggak ada benturan, jadi budaya memperkaya nilai-nilai tradisional kita. Dan nilai tradisional akan beradaptasi dengan prinsip-prinsip keagamaan dan pedoman keagamaan kita," kata Muhadjir seperti dikutip dari Antara.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya