DKI Siapkan Parkir Sepeda di Trotoar Sampai Kantor Pemerintahan

Luas lahan yang disiapkan untuk parkir sepeda sebesar 6x4 meter.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Okt 2019, 10:47 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2019, 10:47 WIB
Akhir 2019, Parkir Sepeda Bakal Tersedia di Stasiun MRT dan Halte Transjakarta
Suasana parkir sepeda di kawasan stasiun MRT Cipete Raya, Jakarta, Senin (14/10/2019). Pemprov DKI Jakarta bakal memberikan fasilitas parkiran sepeda di halte-halte bus Transjakarta sehingga warga bisa menaruh sepeda dan berpindah ke tranportasi umun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho menyampaikan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan tempat parkir sepeda mulai dari trotoar sampai di kantor pemerintahan.

"Jadi parkir sepeda, untuk bike park and ride itu memang Dinas Perhubungan yang akan menyiapkan. Namun tetap Dinas Bina Marga akan memback up. Jadi nanti titik-titik lokasi mana yang akan dibuat tempat parkir sepeda itu yang ada di trotoar itu akan koordinasi dengan Dinas Bina Marga," kata Hari di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin 21 Oktober 2019.

Dia mengatakan, parkir sepeda sudah dibuat tidak hanya di trotoar tapi di kantor pemerintah, di balai kota, kecamatan, kelurahan, dan di tempat lain yang berdekatan dengan stasiun.

Sejak peluncuran jalur sepeda fase pertama, lahan parkir sepeda ini juga mulai dipersiapkan. Hari mengatakan luas lahan yang disiapkan sebesar 6x4 meter.

Luas tersebut menurut dia, lebih dari cukup. Konsep lahan parkir sepeda ini disiapkan Dinas Perhubungan.

"Jadi mereka sudah membuat konsep. Jadi kita kolaborasi dari Dimas Bina Marga, Dishub sudah menyiapkan kantong parkir, bahkan dengan MRT dan Transjakarta kita sudah kolaborasi di daerah mana yang akan dibuatkan parkir sepeda," kata Hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Parkir Sepeda

Anies Jajal Jalur Sepeda dari Veldrome ke Balai Kota DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran melakukan test jalur sepeda dari Jakarta International Veldrome menuju Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/9/2019). Anies menjelaskan, selain difungsikan untuk olahraga sepeda juga bisa menjadi kendaraan jarak dekat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan sejumlah fasilitas untuk menggugah minat masyarakat menggunakan sepeda. Salah satunya dengan menyediakan parkiran khusus sepeda di setiap stasiun MRT dan halte bus.

"Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda," kata Anies di Terowong Kendal, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

"Nanti juga kita taruh di halte-halte sehingga kita bisa menggunakan sepeda untuk first mile dan last mile menggunakan kendaraan umum," sambung dia.

Anies menargetkan, fasilitas dan infrastruktur jalur khusus sepeda rampung hingga akhir 2019. Dengan demikian, masyarakat akan beralih menggunakan moda transportasi sepeda.

"Akhir 2019 semua harus memiliki tempat parkir sepeda yang cukup. Strateginya ada 2 dibangun ada yang menggunakan baru dimatangin. Sehingga nantinya stasiun-stasiun kereta api, MRT ada tempat yang cukup," ujar dia.

Anies pun bercita-cita membuat Jakarta ramah dengan sepeda. Karena itu, Anies membangun jalur-jalur sepeda di jalan raya maupun trotoar. Harapannya banyak warga Jakarta yang menggunakan sepeda.

"Kita ingin mendorong bersepeda bukan hanya sebagai alat olahraga saja tapi juga transportasi," ucap dia.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya