Jokowi: Guru Penggerak Indonesia Maju  

Guru, lanjut Jokowi, tidak akan pernah tergantikan oleh mesin secanggih apa pun.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Nov 2019, 14:02 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2019, 14:02 WIB
Presiden Jokowi  memberikan kuliah umum di Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya pada Kamis (6/9/2018). (Setpres)
Presiden Jokowi memberikan kuliah umum di Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya pada Kamis (6/9/2018). (Setpres)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyebut guru merupakan penggerak Indonesia Maju. Ini disampaikannya dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2019.

"Guru adalah penggerak Indonesia Maju," kata Jokowi melalui akun media sosialnya, Senin (25/11/2019).

Guru, lanjut Jokowi, tidak akan pernah tergantikan oleh mesin secanggih apa pun. Guru membentuk karakter anak bangsa dengan budi pekerti, toleransi, dan nilai-nilai kebaikan. 

"Guru menumbuhkan empati sosial pada diri anak didik, membangun imajinasi dan kreativitas, serta mengokohkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian menyinggung perkembangan dunia dan teknologi yang sangat cepat. Di tengah perkembangan dunia itu, para guru dituntut untuk tidak sekadar mengajar, tetapi juga mendidik dengan lebih fleksibel, kreatif, menarik dan lebih menyenangkan.

Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman mengatakan Jokowi berulang kali menegaskan guru bukan sekadar pekerjaan atau profesi. Guru adalah manusia yang menyiapkan masa depan sebuah bangsa. 

"Bersama para guru yang berdedikasi, inovatif dan kreatif, kita akan mendorong bangsa menuju Indonesia Maju," kata Fadjroel.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya