Ini 8 Nama yang Lolos Seleksi Calon Hakim Konstitusi

Panitia seleksi terbuka apabil ada masukan dari masyarakat terhadap nama-nama calon hakim konstitusi yang dinyatakan lulus seleksi.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 05 Des 2019, 18:52 WIB
Diterbitkan 05 Des 2019, 18:52 WIB
MK Gelar Sidang Uji UU BUMN
Hakim Mahkamah Konstitusi I Dewa Gede Palguna yang akan segera mengakhiri masa kerjanya pada awal 2020 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Panitia seleksi calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan delapan nama yang berhasil lolos seleksi administrasi dan tes tertulis. Dari delapan kandidat calon hakim MK itu, terdapat nama Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur yang juga mantan jaksa penuntut umum KPK Yudi Kristiana.

"Berdasarkan keputusan panitia seleksi calon hakim konstitusi yang diajukan oleh Presiden Nomor 06/PANSEL-MK/XII/2019 tanggal 4 Desember 2019 tentang hasil seleksi administrasi dan tes tertulis calon hakim konstitusi yang diajukan oleh Presiden, dengan ini diumumkan nama-nama pelamar calon hakim konstitusi yang diajukan oleh Presiden," bunyi pengumuman yang dikutip dari situs Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (5/12/2019).

Adapun delapan nama kandidat hakim MK yang dinyatakan lolos dalam tahap awal ini antara lain:

1. Benediktus Hestu Cipto Handoyo (Dosen)

2. Bernard L. Tanya (Dosen)

3. Daniel Yusmic Pancastaki Foekh (Dosen)

4. Ida Budiarti (Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu)

5. Suparman Marzuki (Dosen/mantan Komisoner Komisi Yudisial)

6. Umbu Rauta (dosen)

7. Widodo Ekatjahjana (Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkum HAM)

8. Yudi Kristiana (Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur)

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan tes tertulis diwajibkan mengikuti wawancara terbuka dan tes tertulis, yang digelar pada 11 hingga 12 Desember 2019. Rencananya, tes tersebut akan dilakukan di Aula Gedung 3 Kemensetneg dan RSPAD Gatot Soebroto.

Panitia seleksi terbuka apabil ada masukan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta calon hakim konstitusi yang dinyatakan lulus seleksi.

Masukan tersebut dapat disampaikan ke Sekretariat Panitia Seleksi mulai 4-10 Desember 2019 pukul 16.00 WIB di Kementerian Sekretariat Negara Gedung I Lantai 1 Jakarta Pusat 10110 atau melalui email panselmk2019@setneg.go.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Pengganti Gede Palguna

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membentuk panitia seleksi (pansel) untuk mencari hakim Konstitusi menggantikan I Dewa Gede Palguna. Pasalnya, masa jabatan Gede Palguna sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) akan habis pada 7 Januari 2019 nanti.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya