3 Nasihat Presiden Jokowi Cegah Korupsi Sejak Dini

Hadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Presiden Jokowi mengajak para pelajar untuk turut mencegah korupsi sejak dini.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Des 2019, 18:13 WIB
Diterbitkan 09 Des 2019, 18:13 WIB
Presiden Joko Widodo merayakan Hari Antikorupsi Sedunia di SMKN 57 Jakarta.
Presiden Joko Widodo merayakan Hari Antikorupsi Sedunia di SMKN 57 Jakarta. (Merdeka/Titin Supriatin)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Antikorupsi Sedunia atau Hakordia jatuh pada 9 Desember. Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperingatinya di SMKN 57 Jakarta.

Presiden Jokowi pun lantas mengajak para pelajar untuk turut mencegah korupsi sejak dini.

"Hati-hati, korupsi berawal dari hal-hal kecil," kata Jokowi di Taman Margasatwa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menekankan korupsi memicu hancurnya sebuah negara. Selain itu, rakyat bisa melarat bila koruptor merajalela.

Berikut nasihat Presiden Jokowi saat hadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Jangan Ambil Hak Orang Lain

Ketua MPR Sebut Pemilihan Presiden Langsung Tidak Akan Diamandemen
Pimpinan MPR RI mengantarkan undangan kepada Presiden Joko Widodo untuk dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia 2019-2024, bersama KH Maruf Amin sebagai Wakil Presiden.

Presiden Jokowi memberi nasihat kepada para pelajar SMKN 57 Jakarta.

Di depan para murid yang hadir, Jokowi memberikan nasihat bagaimana cara mencegah korupsi sejak dini yaitu dengan tidak mengambil hak orang lain.

"Jangan menggunakan uang kas sekolah untuk kepentingan pribadi," ucap Jokowi.


Berpikir dan Bersifat Kritis

Bersama Megawati, Jokowi Beri Arahan Pembumian Pancasila
Presiden Joko Widodo saat Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Jokowi memberikan poin kunci untuk pembumian Pancasila di semua kalangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian, Jokowi menekankan korupsi memicu hancurnya sebuah negara. Selain itu, rakyat bisa melarat bila koruptor merajalela.

"Oleh sebab itu, kita harus biasakan sejak kecil untuk berpikir dan bersifat kritis," ujar dia.


Disiplin dan Junjung Tinggi Kejujuran

Jokowi Beri Arahan dalam Pertemuan Tahunan BI 2019
Presiden Joko Widodo memberikan pandangan terkait ekonomi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019 di Jakarta, Kamis (28/11/2019). Acara bertema 'Sinergi Transformasi Inovasi Menuju Indonesia Maju' ini dihadiri para pelaku industri keuangan. (Liputaan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi juga mengingatkan pelajar untuk mulai disiplin waktu. Menjunjung tinggi kejujuran dalam menyelesaikan semua persoalan.

"Sekali lagi pembiasaan-pembiasaan yang berkaitan nilai-nilai integritas, kejujuran sejak dini harus kita mulai dan akan jadi budaya," pungkasnya.

 

(Rizki Putra Aslendra)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya