Dirut RS Persahabatan: Kami Tidak Keluarkan Sertifikat Bebas Virus Corona

Sertifikasi bebas virus Corona mungkin ada di negara tertentu. Namun, Indonesia, khususnya RS Persahabatan dipastian tidak ada mengenai hal terkait.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 05 Mar 2020, 13:23 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2020, 13:23 WIB
RS Persahabatan Tidak Keluarkan Serifikat Bebas Virus Corona
Direktur Utama RSUP Persahabatan dr Rita Rogaya, jumpa pers di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (5/3/2020). (Foto:Liputan6/Ditto Radityo)

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama RSUP Persahabatan dr Rita Rogaya menegaskan pihaknya tidak mengeluarkan sertifikat bebas virus Corona. Klarifikasi ini dikeluarkan terkait banyaknya kesimpangsiuran di masyarakat.

"Tidak ada sertifikasi itu, tapi kami punya poli sehat untuk memeriksa kondisi orang yang ingin diperiksa kesehatannya. Kami tidak keluarkan sertifikat atau surat pernyataan bebas virus corona," tegas Rita saat jumpa pers di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (5/3/2020).

Rita melanjutkan sertifikasi bebas virus Corona mungkin ada di negara tertentu. Namun, Indonesia, khususnya RS Persahabatan dipastian tidak ada mengenai hal terkait.

"Kami hanya menampung konsultasi. Karena keluarkan hal itu tidak mudah, jadi kami belum bisa," jelas dia.

Rita juga menambahkan, saat ini pemeriksaan lanjutan dilakukan RS Persahabatan hanya apabila orang tersebut memiliki gejala seperti terjangkit virus Corona. Ditambah jika orang tersebut memiliki riwayat perjalanan di 30 negara terjangkit virus mematikan tersebut. 

"Jadi kepada orang yang sehat, kami tak lakukan lanjutan pemeriksaan," ungkap Rita. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Wacana Sertifikasi Bebas Virus Corona Muncul

RS Persahabatan merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang ditunjuk pemerintah untuk tangani pasien virus Corona
RS Persahabatan merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang ditunjuk pemerintah untuk tangani pasien virus Corona. (Liputan6.com/Muhammad Radityo)

Sertifikasi bebas virus Corona ini merebak di masyarakat pascapernyataan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang mengatakan kemungkinan pemerintah akan menerapkan sertifikat tersebut.

Wacana ini muncul sebagai respons pascapositifnya dua WNI asal Depok, Jawa Barat yang positif terjangkit virus asal Wuhan China ini.

"Bahkan mungkin juga kita akan menerapkan sertifikasi bebas corona, dan kita juga akan meneliti jejak perjalanan kemana saja dia dan dari mana saja," kata Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu, 4 Maret 2020.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya