ABK MV Amsterdam Diprediksi Kembali ke Tanah Air Senin 4 Mei

Sejumlah protokol kesehatan pandemi Corona nantinya akan dijalani seluruh ABK, seperti rapid test Covid-19 dan isolasi atau karantina.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 02 Mei 2020, 11:36 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2020, 11:36 WIB
WNI ABK Kapal Pesiar MV Explorer Dream
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke barang WNI yang menjadi anak buah kapal Kapal Pesiar MV Dream Explorer setibanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (29/4/2020). Sebelum menuju hotel untuk isolasi mandiri, 359 WNI itu terlebih dahulu menjalani rapid test. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Dalam sepekan terakhir, ratusan anak buah kapal (ABK) dari beberapa kapal pesiar terus berdatangan ke Tanah Air. Gelombang ini diperkirakan akan tak akan berhenti. 

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono, mengatakan akan ada lagi para ABK yang akan kembali.  

"Hari Senin ada ABK ," ucap Yudo saat dikonfirmasi, Sabtu (2/5/2020).

Meski demikian, untuk jumlahnya, dia belum bisa memastikan. "Data belum dapat," ujar dia. 

Sejumlah protokol kesehatan pandemi Corona nantinya akan dijalani seluruh ABK, seperti rapid test Covid-19 dan isolasi atau karantina.

"Sama seperti kemarin (protokolnya)," tukasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


ABK yang Telah Kembali

Sebelumnya, Jumat 24 April 2020 kemarin, sebanyak 57 WNI dari ABK MV Artania sudah kembali ke Tanah Air. 8 orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

Kemudian menyusul 359 WNI yang merupakan ABK kapal pesiar MV Explorer Dream. Semuanya negatif, namun tetap harus melakukan isolasi di hotel.

Lalu Kamis 30 April 2020 kemarin, sebanyak 375 ABK dari MV Carnival Splendor juga sudah datang. Selurhnya dilaporkan negatif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya