Wali Kota Tarakan Saksikan Penyerahan Zakat Melalui Baznas Kota Tarakan

Wali Kota Tarakan menghadiri Penyerahan Zakat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tarakan serta Forkopimda Kota Tarakan Melalui Baznas.

oleh Reza pada 13 Mei 2020, 15:09 WIB
Diperbarui 13 Mei 2020, 15:14 WIB
Pemkot Tarakan
Wali Kota Tarakan menghadiri Penyerahan Zakat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tarakan serta Forkopimda Kota Tarakan Melalui Baznas.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., menghadiri Penyerahan Zakat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tarakan serta Forkopimda Kota Tarakan Melalui Baznas Kota Tarakan di Gedung Lubung Pemkot Tarakan.

Bertempat di Gedung Lubung Pemkot Tarakan, Rabu (13/5) Walikota beserta Forum Koordinas Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tarakan menggelar penyerahan zakat secara langsung melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Pada sambutannya, Wali kota Tarakan Khairul mengatakan, kegiatan penyerahan zakat ini merupakan bentuk kepedulian antar sesama khususnya untuk masyarakat kurang mampu, serta contoh untuk masyarakat yang hingga saat ini masih dianggap mampu agar tetap bisa berzakat di tengah masa-masa sulit dampak dari pandemi Covid -19.

Khairul juga mengakui, Covid-19 benar-benar membuat dampak ke seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, namun khusus masyarakat yang masih memiliki harta lebih bisa menunjukan kepedulian antar sesama melalui zakat ini.

"Saya tahu bahwa di masa masa sulit seperti ini, semua kalangan masyarakat itu tengah kesulitan, namun perlu dilihat lagi bahwa masih ada masyarakat yang tidak mampu lebih mengalami kesulitan karena terdampak dari pandemi Covid -19, khususnya masyarakat yang harus berkurang penghasilan sehari-hari nya karena tidak bisa bekerja selama pandemi ini, karena itu lah kita bersama Forkopimda membantu dengan zakat melalui Baznas Tarakan ini,"ujar Khairul.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian Baznas Tarakan Syamsi Sarman memaparkan, puasa yang tersisa 10 hari ini, pihak Baznas baru berhasil mengumpulkan dana sebanyak 207 Juta Rupiah. Ini juga diakui Syamsi mengalami penurunan yang cukup Signifikan dibandingkan tahun lalu dimana tahun lalu Baznas berhasil mengumpulkan dana zakat sebesar 2.3 Miliar Rupiah.

"Memang cukup signifikan penurunan nya namun kita tetap optimis bisa mendekati jumlah pengumpulan dana zakat seperti tahun lalu, karena saat ini kita belum mengumpul dana zakat yang dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari masjid-masjid. Tahun lalu saja dana zakat dari UPZ itu bisa terkumpul sekitar1.5 Miliar Rupiah,"papar Syamsi.

Sementara itu juga hadir dalam acara kali ini Ketua DPRD Kota Tarakan, Sekda Kota Tarakan, Asisten sekda Kota Tarakan, Forkopimda Kota Tarakan, Ketua Baznas Kota Tarakan, serta instansi Vertikal di Kota Tarakan.

 

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya