Pengerukan Longsoran Sampah TPA Cipeucang Serpong Tuntas Hari Ini

Pengerukan longsoran sampah TPA Cipeucang, Serpong, Tangerang Selatan, diprediksi rampung hari ini, Senin (15/6/2020).

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 15 Jun 2020, 15:02 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2020, 14:55 WIB
FOTO: Turap Jebol, Sampah TPA Cipeucang Genangi Sungai Cisadane
Foto udara memperlihatkan alat berat memindahkan tumpukan sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang masuk ke area Sungai Cisadane, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (3/6/2020). Sebelumnya, pada Jumat (22/5/) lalu turap yang menopang TPA tersebut jebol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Tangerang - Pengerukan longsoran sampah TPA Cipeucang, Serpong, Tangerang Selatan, diprediksi rampung hari ini, Senin (15/6/2020).

"Insyaallah hari ini, pekerjaan pengerukan sampah rampung dikerjakan," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Toto Sudarto, saat meninjau pengerukan sampah di Cipeucang.

Hingga saat ini, kondisi pengerukan sudah mencapai 95 persen, dikarenakan pekerjaan pengerukan sampah untuk atasi longsor dari badan sungai dilakukan dari pagi sampai pukul 23.00 WIB setiap harinya.

Makanya, Dinas Lingkungan Hidup optimistis, pengerukan longsoran sampah bisa rampung 100 persen pada hari ini. Barulah, setelah sampah selesai diangkat, pihaknya akan meminta pelaksana proyek TPA Cipeucang segera memperbaiki sheetpile yang roboh tersebut.

Upaya selanjutnya yang dilakukan adalah perluasan TPA Cipeucang melalui proyek pembangunan landfill III yang diprediksi selesai dalam waktu beberapa bulan ke depan. Lalu upaya jangka panjang berikutnya, penyelesaian proyek PLTSa atau Pembangkit Listrik Tenaga Sampah yang akan berlokasi di sebelah TPA Cipeucang eksisting.


Semprot Disinfektan

Tidak hanya Itu, pihaknya melakukan penyemprotan B8 dan penghilang bau untuk menghilangkan rasa bau dari sampah yang ada.

"Kita penyemprotan sehari tiga kali dengan mengoprasikan kendaraan damkar dan DLH, "ujar Toto.

Seperti diketahui sebelumnya, longsoran sampah TPA Cipeucang memenuhi hampir seluruh badan Sungai Cisadane. Lalu, aroma busuk yang ditimbulkan pun sampai ke permukiman elit yang berdekatan dengan pembuangan akhir sampah milik Kota Tangsel itu. 

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya