Perkuat Pola Asuh Anak, Kementerian PPPA Buat Program Konseling Orangtua di Tiap Daerah

Bintang mengamini, keberadaan Puspaga sampai saat ini beum merata di tiap provinsi kab/kota di seluruh Indonesia.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 22 Jul 2020, 17:06 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2020, 17:06 WIB
Bahas Kelanjutan RUU P-KS, Menteri PPPA Raker Dengan Komisi  VIII DPR
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmavati saat mengikuti rapat kerja dengan komisi VIII DPR membahas lima program prioritasnya untuk periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, meminta para orangtua mengoptimalkan kehadiran Pusat Pembedayaan Keluarga atau Puspaga. Tujuannya, sebagai wadah konsultasi terhadap pola asuh anak yang lebih baik.

"Jadi penguatan keluarga ini, kami di Kemen PPPA ada yang namanya Puspaga, karena dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai pusat konsultasi suami dan istri juga didampingi anak," kata Bintang dalam diskusi daring bertema Hari Anak Nasional: Anak Terlindungi Indonesia Maju," Rabu (22/7/2020). 

Bintang mengamini, keberadaan Puspaga sampai saat ini beum merata di tiap provinsi kab/kota di seluruh Indonesia. Jumlahnya baru tersebar di 135 titik di seluruh Indonesia. Kendati demikian, dia berharap di titik yang sudah tersedia Puspaga dapat memanfaatkannya dengan optimal.

"Puspaga dapat digunakan sebagai pola pengasuhan, apalagi di situasi pandemi, memang ini situasi sangat sulit bagi kita," ujar Bintang.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Ringankan Kerja Orangtua

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati meresmikan rumah perlindungan perkara perempuan di kawasan industri PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), Banten. (Liputan6.com/Ika Defianti)

Bintang menambahkan, Puspaga dapat juga bermanfaat dalam meringankan kerja ekstra para orangtua untuk mendampingi dan memantau perkembangan anak, khususnya di era digital dan pademi. 

"Di era digital memamg sangat sulit, di era biasa saja mendidik anak itu sulit, apalagi di era tanpa batas seperti sekarang. Puspaga dapat mendampingi dalam proses belajar dan memantau perkembangan anak," Bintang menandasi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya