Top 3 News: Ungkapan Keprihatinan Jokowi Memulai Pidato Kenegaraan 2020

Pada hari ini, Jumat, 14 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pidato kenegaraan pada sidang tahunan bersama MPR, DPR, DPD.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 15 Agu 2020, 07:02 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2020, 07:02 WIB
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020). (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020). (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mendaftarkan diri menjadi relawan uji vaksin terkait Corona Covid-19.

Kabar tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito. Menurut dia, Doni Monardo yang juga merupakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadi salah satu relawan uji vaksin terkait Corona Covid-19.

Wiku menjelaskan, vaksin ini ditargetkan terformulasikan awal 2021. Proses selanjutnya adalah uji klinis calon vaksin Covid-19. Jika berhasil, maka segera diproduksi secara massal untuk mengatasi pandemi secara permanen.

Berita terpopuler lainnya adalah soal penembakan misterius hingga menyebabkan seorang pengusaha berinisial ST tewas di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kabar terbaru, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengungkapkan, pihaknya telah memeriksa delapan orang saksi dalam kasus penembakan tersebut.

Budhi mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, pelaku diduga beberapa kali terlihat di lokasi penembakan di kawasan Ruko Royal Gading Square.

Sementara itu, pada hari ini, Jumat, 14 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pidato kenegaraan pada sidang tahunan bersama MPR, DPR, DPD.

Ketika membuka pidatonya, Jokowi menyatakan keprihatinan sebab sidang tahun ini berbeda dikarenakan banyak kursi kosong akibat Covid-19.

Selain itu, Jokowi juga menyatakan kesedihannya karena tidak melihat kemeriahan menyambut hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 11 Agustus 2020:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Saat Doni Monardo Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Corona

Doni Monardo
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mendorong masyarakat Papua Barat untuk rutin mengonsumsi sagu dan ikan dalam kunjungan kerja di Manokwari, Papua Barat, Selasa (7/7/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

CalonĀ vaksin covid-19Ā sudah memasuki uji coba fase ketiga. Banyak relawan yang bersedia mendaftar menjadi 'kelinci percobaan' dalam uji coba calon vaksin tersebut.

Salah satu relawan yang masuk dalam barisan tersebut adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito.

ā€œBenar, Pak Doni akan ikut menjadi relawan uji klinis vaksin,ā€ ujar Wiku, Kamis 13 Agustus 2020.

Vaksin ini ditargetkan terformulasikan awal 2021. Proses selanjutnya adalah uji klinis calonĀ vaksin covid-19. Jika berhasil, segera diproduksi secara massal untuk mengatasi pandemi secara permanen. Namun bagaimana jika gagal.

Wiku menjelaskan, mengingat begitu besar risiko yang harus ditanggung bagi relawan yang bersedia menjadi 'kelinci percobaan' vaksin, persoalan ini pun sempat menjadi perdebatan. Perdebatan tajam khususnya etis dan tidak etis.

Ā 

Selengkapnya...


Pengusaha Korban Penembakan di Kelapa Gading Diduga Sudah Lama Diintai

penembakan gading thumbnail
penembakan gading thumbnail

Polisi terus mendalamiĀ penembakanĀ misterius di Ruko Royal Gading Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Kamis 13 AgustusĀ siang. Seorang pejalan kaki berinisial ST (51) tewas tertembus timah panas dalam insiden berdarah itu.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengungkapkan, pihaknya telah memeriksa delapan orang saksi dalam kasusĀ penembakanĀ tersebut.

Menurut Budi, saat ini ada dua orang saksi tambahan yang sedang dimintai keterangan secara intensif. Berdasarkan keterangan saksi, pelaku diduga beberapa kali terlihat di kawasan Ruko Royal Gading Square.

"Kami sedang meminta keterangan terhadap dua saksi lain. Karena menurut informasi saksi, pelaku ini sudah cukup lama mengintai di daerah sini," kata Budhi di Jakarta Utara, Jumat, 14 Agustus 2020.

Budi belum mau berspekulasi mengenai motif penembakan. Menurut dia, penyidik masih mengumpulkan bukti-bukti terkait kasus yang menewaskan seorang pengusaha di bidang pelayaran itu.

Ā 

Selengkapnya...


Jokowi Buka Pidato Kenegaraan: Semestinya Seluruh Kursi di Ruang Sidang Ini Terisi Penuh

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020). (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020). (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikanĀ pidato kenegaraanĀ pada sidang tahunan bersama MPR, DPR, DPD 2020. Membuka pidatonya, Jokowi menyatakan keprihatinan sebab sidang tahun ini berbeda dikarenakan banyak kursi kosong akibat Covid-19.

"Semestinya, seluruh kursi di Ruang Sidang ini terisi penuh, tanpa ada satu kursi pun yang kosong. Karena kita sedang menghadapi masa sulit diterpa pandemi Covid-19," kata Jokowi di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.

Selain itu, Jokowi juga menyatakan kesedihannya karena tidak melihat kemeriahan menyambut hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti. Namun semua harus berubah juga dikarenakan Covid-19.

"Semestinya, sejak 2 minggu yang lalu, berbagai lomba dan kerumunan penuh kegembiraan, karnaval-karnaval, perayaan peringatan hari kemerdekaan diadakan, menyelimuti suasana bulan kemerdekaan ke-75 RI. Namun, semua yang sudah kita rencanakan tersebut harus berubah total," ujarnya.

Ā 

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya