Mensos Risma soal Gempa Sulbar: Korban Meninggal akan Dapat Santunan Rp 15 Juta

Tri Rismaharini atau Risma memastikan pemerintah akan memberikan santunan kepada korban meninggal akibat gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 15 Jan 2021, 15:55 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2021, 15:55 WIB
risma
Mensos Tri Rismaharini saat mengunjungi keluarga korban longsor dan menyerahkan bantuan di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, Minggu (10/1/2021) malam. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma memastikan pemerintah akan memberikan santunan kepada korban meninggal akibat gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Dia menuturkan, korban yang meninggal akan menerima santunan sebesar Rp 15 juta per orang yang nantinya akan diserahkan kepada ahli waris.

"Sesuai SOP, untuk korban meninggal akan mendapat santunan Rp15 juta per orang yang diserahkan kepada ahli waris. Namun ini tentunya akan diserahkan menunggu seluruh data masuk," kata Risma dalam keterangannya, Jumat (15/1/2021).

Selain itu, dia juga meminta telah jajarannya untuk secepatnya mengirimkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) wilayah sekitarnya, Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP), serta menyalurkan berbagai bantuan logistik.

"Bantuan logistik sudah dalam perjalanan menuju lokasi terdampak gempa. Tim LDP melaporkan bahwa mereka juga sudah bergerak," jelas Risma.

Bahkan, dia berushaa bantuan itu secepatnya sampai ke tangan warga terdampak gempa. "Kita upayakan bantuan secepat-cepatnya untuk penanganan warga terdampak gempa," kata Risma.

Sementara itu, bantuan logistik seperti matras, tenda, perlengkapan anak, perlengkapan lansia, makanan siap saji, dan lainnya dikirimkan bertahap. Risma mengatakan akan mengeluarkan semua logistik di gudang Sulbar untuk membantu masyarakat terdampak.

"Dapur umum akan didirikan di titik pengungsian. Segera kami informasikan updatenya. Satu unit mobil dapur umum bisa memasak sampai 2000 nasi bungkus dalam satu kali masak, sehingga dalam sehari bisa menghasilkan 6000 nasi bungkus," tutur Risma.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Total 34 Meninggal Dunia Akibat Gempa Sulbar

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada 15 Januari 2021, pukul 14.00 WIB, korban meninggal dunia akibat gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat sebanyak 34 orang meninggal dunia.

Adapun rinciannya 26 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan delapan orang di Kabupaten Majene.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya