Kapolri Idham Azis Antar Listyo Sigit Prabowo Jalani Fit and Proper Test di DPR

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengantar Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR RI.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 20 Jan 2021, 10:46 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2021, 10:46 WIB
Bersama Komisi III DPR, Kapolri Bahas Rencana Kerja 2020
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis usai rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Rapat membahas Rencana Kerja 2020, Tindak lanjut kasus Novel Baswedan, Penanganan Kasus Natuna, Penanganan Kasus Taman Sari dan isu lainnya.(Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengantar Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR RI. Idham menyebut, hal itu untuk mengajarkan pada seluruh Polri bahwa pergantian posisi adalah suatu keniscayaan.

"Saya baru saja mengantar Bapak Komjen Pol Listyo Sigit untuk menjalankan fit and proper test dalam rangka pencalonan beliau sebagai kapolri ke-25. Ini saya lakukan untuk memberi pelajaran kepada generasi Polri bahwa pergantian adalah suatu keniscayaan, memberikan gambaran institusi Polri regenerasi berjalan baik dan mulus," kata Idham di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (20/1/2021).

Idham memastikan, tubuh Polri solid dengan dibuktikan pengantaran Listyo baik oleh senior maupun junior.

"Apa yang telah diputuskan Bapak Presiden, sebagai pimpinan tertinggi Polri hanya 2 kita laksanakan dan kita amankan. Dengan mengantar beliau untuk pembelajaran institusi Polri selanjutnya sehingga di internal solid. Bisa melihat perwakilan angkatan yang merupakan senior Listyo Sigit ikut mendampingi. Saya juga," kata dia.

Idham memastikan, akan mengantar dan mengawal calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo hingga pelantikan.

"Kita punya kewajiban mengantar Komjen Listyo sampai nanti pelantikan beliau menjadi kapolri. Semoga pencalonan dan proses fit and proper test akan berjalan dengan lancar," tandas Idham Azis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Rangkaian Acara Fit and Proper Test Calon Kapolri di Komisi III DPR

Kabareskrim Soal Kasus Novel Baswedan
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo seusai memberikan keterangan dalam jumpa pers di Polda Metro, Jumat (27/12/2019). Pihak kepolisian merilis pelaku penyerangan terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan yang merupakan anggota Polri berinisial RM dan RB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Komisi III DPR menggelar uji kelayakan dan kepatuhan atau fit and proper test calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo di DPR hari ini, Rabu (20/1/2021).

Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni menyatakan, rangkaian acara akan dimulai dari paparan makalah calon kapolri yang sebelumnya telah diserahkan ke Komisi III.

"Makalah dibuat untuk paparan saat fit and proper test, dimulai jam 10.00-12.00 WIB itu paparan dari calon kapolri," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Rabu (20/1/2021).

Usai paparan makalah selama dua jam, acara dilanjutkan istirahat, salat, makan hingga pukul 14.00 WIB. “Setalah paparan itu isoma," katanya.

Selanjutnya pada pukul 14.00-16.30 WIB adalah pendalaman dari makalah yang telah dibuat dan dipaparkan calon kapolri. Di sini seluruh fraksi akan bertanya terkait makalah tersebut.

"Jam 14.00 WIB lanjut lagi untuk pendalaman dari paparan cakapolri sampai 16.30 WIB," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya