Jokowi Hujan-hujanan Serahkan Bantuan Tunai ke Pedagang di Pasar Kertek Wonosobo

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Pasar Kertek, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 14 Des 2021, 17:37 WIB
Diterbitkan 14 Des 2021, 17:37 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana memberikan bantuan di Pasar Kertek, Kabupaten Wonosobo
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana memberikan bantuan di Pasar Kertek, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Pasar Kertek, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021). Ditengah guyuran hujan yang deras, Jokowi menyapa dan memberikan bantuan tunai untuk para pedagang kaki lima (PKL) dan warung yang sehari-hari berjualan di Pasar Kertek.

Bantuan tunai untuk tambahan modal tersebut diharapkan dapat membantu para pedagang untuk mengembangkan usahanya yang terdampak pandemi Covid-19. Pasalnya, para pedagang mengalami penurunan omzet dan pendapatan karena pandemi Virus Corona.

Kepala Pasar Kertek Nyuhono mengatakan pandemi Covid-19 memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap omzet dan pendapatan para pedagang di Pasar Kertek. Terlebih, pada tiga bulan pertama pandemi, para pedagang tidak bisa berjualan sama-sekali.

"Untuk omzet dan pendapatan menurun drastis sampai 50 persen. Tapi pedagang ya mungkin ada yang nggak jualan karena banyak yang nggak laku, tapi pengaruh pandemi sangat berpengaruh sekali," jelas Nyuhono dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa (14/12/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minta Revitalisasi

Nyuhono juga menyampaikan harapannya agar pasar yang dibangun pada 1995 tersebut bisa direvitalisasi. Nyuhono menyampaikan kondisi pasar saat ini sudah kurang baik karena banyak sarana dan prasarana yang rusak.

"Harapan ke depannya seandainya pembangunan bisa berjalan nanti mungkin dijadikan pasar tradisional dan modern. Jadi ada zonasi-zonasi atau pengelompokan pedagang. Pakaian sendiri, sembako sendiri, daging sendiri, seperti itu harapannya," kata dia.

Salah seorang pedagang warung bernama Rahmawati mengungkapkan kegembiraannya karena Pasar Kertek didatangi Jokowi dan Iriana. Dia pun berharap Pasar Kertek bisa makin maju ke depannya.

"Mudah-mudahan Bapak Presiden tambah sukses, tambah maju, Indonesia juga tambah makmur. Presiden juga sehat, panjang umur. Mudah-mudahan Pasar Kertek pasar sayurnya tambah maju biar warung saya tambah ramai," tutur Rahmawati.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya