Vaksinasi Booster Covid-19, Puskesmas Kramat Jati Pakai Pfizer dan AstraZeneca

Peserta yang hendak vaksinasi booster atau diberi dosis ketiga vaksin Covid harus sudah menjalani vaksin pertama dan kedua dengan jarak minimal 6 bulan dari vaksinasi terakhir.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 12 Jan 2022, 11:46 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2022, 11:43 WIB
Vaksinasi Booster COVID-19 di Jakarta
Warga antre mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga saat vaksinasi booster COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Program booster COVID-19 diberikan kepada kelompok prioritas yaitu lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan, tiga tim diterjunkan untuk vaksinasi booster atau pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga hari ini, Rabu (12/1/2022). Ada 150 dosis vaksin yang disiapkan untuk vaksinasi hari ini.

"150 orang (divaksin) mayoritas lansia dengan dosis 150 yang kita sesuaikan jumlahnya, jadi kita pakai Pfizer dan AstraZeneca untuk vaksinnya," kata Inda dalam di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (12/1/2022).

Inda menambahkan, vaksinasi booster Covid-19 dibuka mulai dari pukul 8 pagi hingga 12 siang dengan pendaftaran yang sudah bisa dilakukan mulai pukul 7 pagi.

Dia memastikan, tidak ada syarat khusus untuk peserta vaksinasi booster di Puskesmas Kramat Jati. Menurut dia, peserta yang hendak divaksin ketiga Covid tersebut harus sudah menjalani vaksin pertama dan kedua.

"Jadi kita lihat kalau sudah divaksin dosis 1 dan 2 dan jaraknya sudah 6 bulan minimal, screening juga lolos sehat kita bisa terima untuk vaksin," jelas dia.

Pelaksanaan booster vaksin merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah untuk mengendalikan Covid-19. Presiden Jokowi pun memastikan pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19 tidak dipungut biaya alias gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dinkes Jakarta: Seluruh Puskesmas Siap Layani Vaksinasi Booster bagi Lansia

Penyuntikan vaksin Covid-19 ketiga dimulai hari ini, Rabu (12/1/2022). Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan kesiapan seluruh puskesmas di Jakarta untuk melayani vaksinasi booster tersebut.

"Kita sudah infokan ke semua puskesmas, nanti kita lihat seberapa banyak sasaran bisa sempat hadir," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti pada wartawan, Selasa malam, 11 Januari 2022.

Widyastuti memastikan, akan dibuat alur antrean yang rapi dan tidak menimbulkan kerumunan pemberian vaksin booster, sehingga lansia dapat terlayani dengan baik. "Karena dibutuhkan alur yang lebih rapi karena lansia kasihan ya, kalau enggak diatur dengan rapi," ujar dia.

Dia memastikan, seluruh puskesmas siap menerima vaksinasi booster bagi para lansia di Jakarta. "Intinya teman-teman puskesmas sudah siap menerima lansia yang akan melakukan vaksinasi (booster)," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya