Prioritaskan Vaksin Booster untuk Sektor Produksi, Jokowi: Ekspor Harus Jalan Terus

Jokowi berharap pemberian vaksin booster ini dapat membuat aktivitas sektor produksi semakin lancar di tengah pandemi Covid-19.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 24 Feb 2022, 11:55 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2022, 11:52 WIB
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidatonya di peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Istana Bogor, Jawa Barat. (Istimewa)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan prioritas vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster untuk sektor industri dan produksi di tanah air.

Jokowi berharap pemberian vaksin booster ini dapat membuat aktivitas sektor produksi semakin lancar di tengah pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kawasan Industri Pabrik PT. Komatsu Indonesia Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga berdialog secara virtual dengan beberapa pabrik sektor industri di sejumlah daerah yang melaksanakan vaksinasi.

"Ini kita harapkan semua sektor produksi tidak terganggu sehingga kita berikan prioritas untuk diberikan vaksin booster vaksin penguat, sehingga aktivitasnya bisa berjalan dengan baik," jelas Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (24/2/2022).

"Yang paling penting, jangan sampai sektor industri, sektor produksi itu terganggu. Ekspor harus jalan terus," imbuhnya.

Dia mengaku senang, karena penyuntikkan vaksinasi booster di sektor industri, pabrik dan produksi sudah dimulai. Jokowi meyakini vaksinasi booster akan memberikan kekuatan bagi sektor produksi tanah air.

"Ini kita harapkan terus bergerak di kawasan industri yang lain, di pabrik-pabrik yang lain sehingga bisa kita cegah karyawan kita dari terpaparnya covid," ujar mantan Wali Kota Solo ini.


Percepat Vaksinasi Covid-19

Vaksin Moderna untuk Vaksinasi Dosis Ketiga bagi Tenaga Kesehatan
Vaksinator menyiapkan vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster kepada tenaga kesehatan di RSUD Matraman, Jakarta, Jumat (6/8/2021). Pemberian vaksin dosis ketiga atau booster kepada tenaga kesehatan di Indonesia ditargetkan rampung pada pekan kedua Agustus 2021. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta semua kabupaten/kota dan provinsi untuk konsentrasi mempercepat vaksinasi Covid-19 dosis kedua dan penguat atau booster. Terlebih, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sedang melonjak naik akibat penyebaran varian Omicron.

"Pada hari ini, saya hanya ingin mendorong agar seluruh kabupaten/kota dan provinsi konsentrasi di suntikan yang kedua dan juga suntikan yang ketiga atau booster," jelas Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di 17 provinsi secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogot Jawa Barat, Jumat (18/2/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menekankan bahwa percepatan vaksinasi dan protokol kesehatan merupakan kunci pengendalian penyebaran varian Omicron. Untuk itu, dia meminta agar pemerintah daerah terus menyampaikan hal ini kepada masyarakat.

"Hanya itu aja sudah, dua hal ini yang sampaikan terus kepada masyarakat. Kecepatan vaksinasi, yang kedua protokol kesehatan, utamanya pakai masker," kata Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya