Top 3 News: Ajakan Menag Yaqut bagi Masyarakat Cari Titik Temu daripada Perbedaan

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat untuk mencari titik temu ketimbang melebarkan perbedaan.

oleh Devira PrastiwiMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 02 Mar 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2022, 08:00 WIB
menag
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait ajakan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat memperingati Isra Miraj 1443 Hijriah/2022 Masehi secara daring pada Senin malam 28 februari 2022.

Menag Yaqut mengajak masyarakat untuk mencari titik temu ketimbang melebarkan perbedaan. Dalam peringatan Isra Miraj kali ini dihadiri secara daring oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga tinggi negara, pimpinan ormas Islam, dan sejumlah duta besar negara sahabat.

Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad 1443H tingkat kenegaraan ini diisi dengan tausiyah yang disampaikan Buya Arrazy Hasyim, pengasuh Ribath Nouraniyyah Hasyimiyyah.

Kemudian, pada Selasa 1 Maret 2022, kebijakan ganjil genap masih diterapkan di Jakarta. Penerapan kebijakan ganjil genap tersebut berlaku di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 di Ibu Kota.

Disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo, ada 13 ruas jalan yang menerapkan sistem kendaraan ganjil genap.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait wacana pemerintah Indonesia tengah menyusun strategi untuk mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi yang disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Selain itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga meminta agar keputusan mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi dipertimbangkan secara matang dengan memperhatikan berbagai pendekatan.

Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan endemi itu? Benarkah Indonesia sudah mulai menuju ke arah sana?

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 1 Maret 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menag Yaqut: Mari Cari Titik Temu daripada Melebarkan Perbedaan

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (dokumentasi Kemenag)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat untuk mencari titik temu ketimbang melebarkan perbedaan. Hal ini ia sampaikan dalam memperingati Isra Miraj 1443 Hijriah/2022 Masehi.

"Spirit Isra Miraj tak sebatas catatan sejarah, namun bisa kita jadikan sebagai renungan dan motivasi diri untuk terus tumbuh dengan meningkatnya kohesi sosial. Mari kita menjadi bagian bangsa Indonesia yang concern mencari titik temu daripada melebarkan perbedaan," kata Menag Yaqut.

Dalam peringatan Isra Miraj kali ini dihadiri secara daring oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga tinggi negara, pimpinan ormas Islam, dan sejumlah duta besar negara sahabat.

 

Selengkapnya...


2. Cek 13 Lokasi Ganjil Genap Jakarta yang Berlaku Hari Ini, Selasa 1 Maret 2022

Ganjil-Genap Berlaku di Tiga Ruas Jalan Jakarta
Petugas polisi mengarahkan kendaraan berplat nomor ganjil di titik pemeriksaan ganjil-genap Bundaran Senayan, Jakarta, Kamis, (26/8/2021). Mulai 26 sampai 30 Agustus, ganjil genap hanya berlaku di 3 ruas jalan Jakarta yakni, Jalan Sudirman, MH Thamrin, dan HR Rasuna Said (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penerapan kebijakan ganjil genap di Jakarta masih terus diberlakukan, termasuk pada hari ini, Selasa 1 Maret 2022.

Penerapan kebijakan ganjil genap tersebut berlaku di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 di Jakarta.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo, setidaknya ada 13 ruas jalan yang menerapkan sistem kendaraan ganjil genap, meski saat ini telah terjadi penurunan jumlah volume kendaraan seiring diberlakukannya PPKM Level 3.

 

Selengkapnya...


3. Tiga Penjelasan Indonesia Pertimbangkan Ubah Status Pandemi Jadi Endemi

Pemerintah Pertimbangkan Status Pandemi Menjadi Endemi
Pengunjung berjalan di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Senin (28/2/2022). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah tengah menyusun strategi untuk mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Belum lama ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, pemerintah Indonesia tengah menyusun strategi untuk mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

"Kami juga mendapatkan arahan dari Bapak Presiden tadi atas masukan Bapak Menko mengenai strategi dari pandemi menjadi endemi, kami sudah siapkan protokolnya," ujar Menkes Budi dalam konferensi pers daring melansir Antara, Senin, 29 Februari 2022.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun meminta agar keputusan mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi dipertimbangkan secara matang dengan memperhatikan berbagai pendekatan, baik dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi.

Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan endemi itu? Benarkah Indonesia sudah mulai menuju ke arah sana?

 

Selengkapnya...


5 Strategi Pengendalian Covid-19 Saat Berubah Jadi Endemi

Infografis 5 Strategi Pengendalian Covid-19 Saat Berubah Jadi Endemi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Strategi Pengendalian Covid-19 Saat Berubah Jadi Endemi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya