Bruce Willis Mundur dari Dunia Akting Usai Didiagnosis Aphasia

Didiagnosis dokter menderita aphasia, aktor laga Bruce Willis memutuskan akan pensiun dari dunia akting.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 31 Mar 2022, 10:28 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2022, 10:28 WIB
Bruce Willis
Bruce Willis (The Huffington Post)

Liputan6.com, Jakarta - Didiagnosis dokter menderita aphasia, aktor laga Bruce Willis memutuskan akan pensiun dari dunia akting. Pernyataan itu di akun media sosial keluarganya yang menjelaskan kondisi terkini Bruce.

"Willis telah mengalami beberapa masalah kesehatan dan baru-baru ini didiagnosis menderita aphasia, yang memengaruhi kemampuan kognitifnya. Sebagai hasil dari ini dan dengan banyak pertimbangan, Bruce menjauh dari karier yang sangat berarti baginya," tulis pernyataan keluarga Bruce Willis, dikutip The Guardian, Kamis (31/3/2022).

Dituliskan pula bahwa keluarganya sangat menyayangi Bruce Willis dan mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk kesembuhannya.

"Ini adalah waktu yang sangat menantang bagi keluarga kami dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan Anda yang berkelanjutan. Kami bergerak melalui ini sebagai unit keluarga yang kuat, dan ingin membawa penggemarnya karena kami tahu betapa berartinya dia bagi Anda, seperti yang Anda lakukan padanya," kata pernyataan keluarga Bruce Willis.

"Seperti yang selalu dikatakan Bruce, 'Hidupkan' dan bersama-sama kami berencana untuk melakukan hal itu," sambungnya.

Bruce Willis yang saat ini berusia 67 tahun, terkenal melalui acara TV Moonlighting, sebelum membuktikan dirinya sebagai bintang aksi produktif yang dikenal karena penyampaiannya yang masam.

Selain film Die Hard, ia juga memenangkan pujian untuk perannya dalam film-film seperti Pulp Fiction, The Fifth Element, The Last Boy Scout, Twelve Monkeys, The Sixth Sense, Looper dan Moonrise Kingdom.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jejak Karier Bruce Willis Lainnya

Bruce Willis (Angela Weiss / AFP)
Bruce Willis (Angela Weiss / AFP)

Salah satu bintang paling bankable 1980-an dan 1990-an, Willis juga mengukir ceruk substansial dalam komedi keluarga, terutama menyuarakan bayi di Look Who's Talking dan sekuelnya.

Dia juga telah membuat tiga album sebagai penyanyi - cover Under the Boardwalk-nya mencapai No 2 di tangga lagu Inggris - dan membintangi beberapa produksi panggung, membuat debut Broadway-nya pada tahun 2015 dengan kebangkitan Misery.


Apa Itu Aphasia?

Bruce Willis. (Theo Wargo/Getty Images/AFP Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Bruce Willis. (Theo Wargo/Getty Images/AFP Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Secara sederhana, melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, aphasia adalah kehilangan sebagian atau seluruh kemampuan berbicara karena penyakit, cacat, atau cedera pada otak.

Melansir dari The Guardian, Rabu (30/3/2022), aphasia ditandai dengan kesulitan berbahasa atau bicara. Biasanya disebabkan kerusakan pada sisi kiri otak, yang berfungsi untuk memahami dan memproduksi bahasa.

Penyebab paling umum adalah strok, cedera kepala parah, tumor otak dan kondisi neurologis progresif seperti demensia. Biasanya, afasia terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun.

Bruce Willis sendiri merayakan ulang tahun ke-67 pada 19 Maret 2022. Di usia kepala enam, ia tetap produktif di lokasi syuting. Sepanjang 2021 misalnya, ia merilis delapan film. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya