Survei Lanskap: Popularitas Prabowo Ungguli Ganjar Pranowo di Jawa Tengah

Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul di Jatim, sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul di Jateng.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 18 Jul 2022, 12:40 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2022, 12:40 WIB
Pernyataan Prabowo Subianto dan AHY Usai Gelar Pertemuan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan keterangan usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Jumat (24/6/2022). Pertemuan selama dua jam itu pun belum ada kesepakatan antara Gerindra dan Demokrat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Lembaga survei Lanskap menyampaikan hasil survei elektabilitas kandidat calon presiden yang akan maju di Pilpres 2024 di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng).

Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul di Jatim, sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul di Jateng.

Meski demikian, Direktur Eksekutif Lanskap Mochammad Thoha menyatakan dari aspek popularitas, baik di Jateng maupun di Jatim secara umum nama Prabowo Subianto tampil sebagai tokoh yang memiliki tingkat popularitas paling tinggi.

"Di Jateng popularitas Prabowo berada di persentase 95,5% dan di Jatim dikenal oleh 85% publik. Kemudian Ganjar dikenal oleh 93,5% warga Jateng,” kata Thoha dalam rilis daring, Senin (18/7/2022).

Sementara itu, Di Jateng Anies berada diposisi ke-4 dikenal 85,6% terpaut tipis dengan Sandiaga Uno di posisi ke-3 yang dikenal 87,5% publik.

"Sementara terkait likeabilitas, di Jateng Prabowo disukai oleh 55,8% penduduk Jateng dan di Jatim disukai oleh 54,4%. Ganjar di Jateng dengan angka 42,3% dan Gubernur DKI Jakarta Anies dengan persentase 42,3%," jelas Thoha.

Survei ini juga membuat simulasi paslon, di mana di menyebut temuan survei di Jateng menunjukkan Prabowo dipasangkan dengan kandidat lain sebagai cawapresnya akan selalu keluar sebagai pemenang.

Sementara untuk pasangan Prabowo terkuat adalah Ganjar dimana perolehan elektabilitasnya berada di atas 60%.

"Demikian juga di Jatim bahwa pasangan Prabowo-Puan, Prabowo-Ganjar dan Prabowo-Khofifah akan keluar sebagai pemenang dalam satu putaran saja," pungkas dia.

 


Prabowo Mulai Menyusul

Sebelumnya, Thoha menyebutkan ada temuan menarik terlihat di Jawa Tengah. Apabila biasanya Ganjar selalu dominan unggul di Jawa Tengah, kini Prabowo Subianto mulai menyusul.

"Temuan survei menujukkan bahwa Jateng yang menjadi basis utama Ganjar memperoleh dukungan terbesarnya telah terkikis oleh Prabowo, Anies, Puan dan Tri Rismaharini," kata Thoha dalam rilis daring, Senin (18/7/2022).

Dia menyebut elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Tengah cukup mengejutkan sebab elektabilitasnya hanya berbeda sedikit dengan Ganjar.

"22,4% publik di Jateng memilih Ganjar bila pemilu dilaksanakan saat ini. Prabowo memberikan kejutan memeroleh elektabilitas 20,5% di Jateng; Anies berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 12,1%," ucapnya.

Berikut hasil survei jika pilpres dilaksanakan hari ini di Jawa Tengah:

1. Ganjar Pranowo 22,4%

2. Prabowo Subianto 20,5%

3. Anies Baswedan 12,1%

4. Puan Maharani 10,2%

5. Tri Rismaharini 3,6%

6. Ridwan Kamil 2,4%

7. Agus Harimurti Yudhoyono 1,1%

8. Basuki Tjahaja Purnama 1,1%

9. Khofifah I Parawansa 1,1%

10. Cak Imin 1,1%.

 


terkait Survei

Adapun, survei digelar terpisah di Jateng dan Jatim dengan jumlah responden yang sama 880 orang.

Survei digelar pada tanggal 29 Juni hingga 8 Juli 2022.

Wawancara dilakukan secara langsung dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error +/- 3,3 persen.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya