Umbar Ketidakharmonisan Panglima TNI dan KSAD, Effendi Simbolon Dikritik PA 212

Ketua Presidium Persaudaraan Alumni 212 (PA 212), Aminudin, mengkritik Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon, yang mengumbar isu dugaan ketidakharmonisan antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Sep 2022, 20:10 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2022, 15:01 WIB
20151122- Membongkar Rahasia Terdalam Freeport- Effendi Simbolon -Jakarta- Helmi Fithriansyah
Anggota DPR F-PDIP Effendi Simbolon (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Presidium Persaudaraan Alumni 212 (PA 212), Aminudin, mengkritik Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon, yang mengumbar isu dugaan ketidakharmonisan antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

“Tidak seharusnya dipublish begitu. Tapi bagaimana nasi sudah menjadi bubur, sudah dikonsumsi publik,” ujar Aminuddin, Kamis (8/9/2022).

“Mestinya anggota DPR sebagai wakil rakyat memberikan nuansa yang adem. Kita ini lagi pada kacau balau tentang ketahanan nasional, polisi baru saja ada tragedi Ferdy Sambo, itu belum selesai. Kemudian diobok-obok lagi hubungan disharmoni Panglima dan KSAD,” katanya.

Aminuddin juga mendorong Panglima Andika dan KSAD Dudung duduk bersama dan membantah hal yang dituduhkan.

“Panglima dan KSAD harus ketemu untuk membantah soal-soal yang tidak produktif itu. Karena ini menyangkut ketahanan dan pertahanan nasional yang membawahi ratusan ribu prajurit. Kalau mereka dikulik-kulik ketidakharmonisannya nanti di bawah takutnya ada gejolak. Jadi ke depannya harus ketemu, di acara breakfast, lunch, dinner atau makan malam gitu,” tambahnya.


Perbedaan Pendapat Wajar

Aminuddin mengatakan perbedaan pendapat antara Panglima TNI dan KSAD adalah hal yang wajar di era demokrasi ini. Perbedaan pendapat tersebut kemudian jangan ditafsirkan terjadi ketidakaharmonisan.

“Kalau friksi itu kan wajar, wong kita suami istri saja kadang-kadang beda pendapat,” katanya.

Infografis Gebrakan Jenderal Andika Perkasa di Rekrutmen Anggota TNI. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Gebrakan Jenderal Andika Perkasa di Rekrutmen Anggota TNI. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya