Gereja Katedral Jakarta Gelar Misa Natal secara Hybrid Hari Ini 25 Desember 2022

Jemaat yang akan mengikuti rangkaian Ibadah Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta diimbau tidak membawa ransel atau pun tas dengan ukuran besar.

oleh Winda Nelfira diperbarui 25 Des 2022, 08:08 WIB
Diterbitkan 25 Des 2022, 08:05 WIB
Khidmat Misa Malam Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta
Suasana Misa Malam Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Sabtu (24/12/2022). Gereja Katedral Jakarta mengusung tema "Nusantara dan Kebhinekaan" pada perayaan Natal 2022. Misa Malam Natal di Gereja Katedral diselenggarakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat terbagi dalam tiga sesi, yakni pukul 16.30 WIB, 19.00 WIB dan 21.00 WIB. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Gereja Katedral Jakarta mengelar ibadah Natal 2022 secara hybrid, baik pada 24 Desember 2022 dan hari ini, Minggu (25/12/2022).

Melalui akun Instagram resmi @katedraljakarta, ada dua ibadah Natal 2022 yang bakal digelar baik secara offline maupun online pada hari ini.

Pada pukul 08.30 WIB, Ibadah Natal dimulai dengan Misa Pontifikal. Lalu, dilanjutkan dengan Ibadah siang hari dengan Misa untuk anak-anak dan keluarga pukul 11.00 WIB. Khusus Misa anak-anak ini hanya akan dilangsungkan secara tatap muka (offline).

Kemudian pada 17.00 WIB dengan tema Natal 'Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain' akan berlangsung Misa Hari Raya Natal.

Adapun Misa Pontifikal pada pukul 08.30 WIB dan perayaan Natal pukul 17.00 WIB dapat disaksikan secara langsung dari siaran YouTube Komsos Katedral Jakarta ataupun di siaran langsung TVRI.

Jemaat yang akan mengikuti rangkaian Ibadah Natal di Gereja Katedral diimbau tak membawa ransel atau pun tas dengan ukuran besar guna menciptakan suasana yang nyaman saat beribadah.

"Dilarang membawa ransel/tas besar saat ke gereja. Umat diwajibkan untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan," tulis @katedraljakarta, dikutip Minggu (25/12/2022).

Selain itu, karena keterbatasan tempat, maka umat yang akan mengikuti misa malam Natal dan Hari Raya Natal di Gereja Katedral juga harus melakukan pendaftaran melalui laman Belarasa di belarasa.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Panglima TNI dan Kapolri Kompak Tinjau Dua Gereja Tertua di Jakarta

FOTO: Personel Brimob Sterilisasi Gereja Ketedral
Personel K9 melakukan penjagaan saat penyisiran di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (24/12/2021). Sterilisasi sejumlah gereja juga untuk memberi rasa aman kepada jemaat yang akan melakukan rangkaian ibadah Natal. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyambangi dua gereja tertua yang berada di kawasan Jakarta yakni Gereja Katedral dan Gereja Immanuel. Adapun dilakukannya bersama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam sambutannya, Yudo menjamin untuk kegiatan natal serta tahun baru 2023 nanti akan berjalan dengan aman dan lancar.

"Sehingga pengamanan kita jamin, masyarakat bisa melaksanakan ibadah dengan baik, aman dan lancar. Dan masyarakat yang akan melaksanakan tahun baru, kita jamin kemananan ya sehingga bisa melaksanakan tahun baru dengan lancar," kata dia kepada wartawan di Gereja Immanuel Jakarta, Sabtu (24/12/2022).

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menambahkan, untuk kegiatan pengamanan ini dilakukan prajurit TNI-Polri berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Menambahkan apa yang disampaikan Bapak Panglima sesuai arahan Bapak Presiden bahwa pelaksanaan Nataru hari ini harus berjalan dengan aman dan lancar," kata dia.

"Menindaklanjuti arahan tersebut, beberapa waktu lalu kita telah melaksanakan apel gelar pasukan dan dilanjutkan pelaksanaan Operasi Lilin dimana kegiatannya melaksanakan pengamanan, terkait aktivitas kegiatan tempat ibadah dan tentunya masyarakat yang akan melaksanakan balik atau mudik," ujar Sigit.

 


Menag Ajak Umat Kristiani Jadikan Natal Momen Rawat Kerukunan

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dokumentasi Kementerian Agama)

Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat Natal tahun 2022 kepada umat Kristiani yang merayakan. Dia mengajak umat Kristiani menjadi Natal sebagai momentum untuk merawat kerukunan.

"Saya mengajak seluruh umat Kristiani menjadikan peringatan Natal tahun ini sebagai momentum untuk merawat harmoni dan kerukunan dalam keragaman dan kebhinekaan," kata Yaqut dikutip dari siaran persnya, Sabtu (24/12/2022).

Adapun tema Natal 2022 adalah ‘Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain'. Yaqut menyampaikan tema ini bermakna bahwa keanekaragaman adalah anugerah dari Tuhan yang harus disyukuri, dirawat, dan terus dikembangkan.

"Kebhinekaan sudah seharusnya mendorong kita semua untuk saling bergandengan tangan dalam mewujudkan tata kehidupan bersama yang lebih bermartabat," jelasnya.

Dia meyakini dengan berjalan bersama, Indonesia akan dapat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dengan berjalan bersama dalam rasa hormat atas keragaman dan kebhinekaan, maka akan tercipta kerukunan umat untuk Indonesia hebat.

"Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," ucap Yaqut.

 

Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya