Taman Margasatwa Ragunan Kini Punya Fasilitas Perpustakaan Online

Pengunjung bisa menikmati perpustakaan digital tentang satwa dan ilmu pengetahuan lainnya dengan memindai barcode yang tersedia di Area Pusat Informasi dan Area Kandang Jerapah Taman Margasatwa Ragunan.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Jan 2023, 07:25 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2023, 07:20 WIB
FOTO: Menkmati Libur Lebaran di Taman Margasatwa Ragunan
Pengunjung melihat jerapah saat menikmati liburan hari kedua Idul Fitri 1443 H di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Selasa (3/5/2022). Dalam pengoperasiannya, pengunjung harus memahami sejumlah syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Taman Margasatwa Ragunan, salah satunya soal pembelian tiket. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan menambah fasilitas perpustakaan online (daring) mengenai satwa dan ilmu lainnya sebagai sarana edukasi kepada pengunjung.

"Perpustakaan daring ini berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta," terang Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, di Jakarta, Sabtu.

Bambang menuturkan, fasilitas perpustakaan daring ini bisa dinikmati dengan cara memindai kode batang (barcode) yang secara otomatis akan mengarahkan ke buku digital (e-book) Perpustakaan Jakarta.

Pengunjung bisa dengan bebas membaca ribuan buku yang dihadirkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta secara digital.

Seperti dikutip dari Antara, perpustakaan daring Taman Margasatwa Ragunan ini bisa ditemukan di dua titik yakni Area Pusat Informasi dan Area Kandang Jerapah.

"Adanya perpustakaan daring bisa membuat pengunjung bisa membaca di mana saja karena tinggal scan barcode saja," tutur Bambang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perpustakaan Fisik di Pusat Primata Schmutzer

FOTO: Melihat Kondisi Hewan di Ragunan Pasca Penerapan WFH dan PSBB
Primata terlihat dalam kandangnya di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (20/4/2020). Selama sebulan diistirahatkan dari kunjungan warga, hewan-hewan itu tampak lebih bagus dan lebih fresh penampilannya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bambang juga menyampaikan selain perpustakaan daring juga tersedia perpustakaan fisik di Pusat Primata Schmutzer yang bisa dinikmati pengunjung.

"Kalau untuk Pusat Primata Schmutzer sendiri terdapat lebih dari 200 buku tentang primata hingga buku untuk anak-anak," jelasnya.

Beragam buku yang disediakan di Taman Margasatwa Ragunan yakni mengenai satwa, majalah, skripsi, tesis, disertasi, karya ilmiah dan sebagainya.

Lokasinya ada di Pusat Primata Schmutzer beroperasi pukul 09.00 - 16.00 WIB dan Gedung Pusat Informasi beroperasi pukul 07.30 - 16.00 WIB.

Taman Margasatwa Ragunan terletak di Jakarta Selatan dan memiliki luas 147 hektare serta dihuni lebih dari 2.009 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya