Detik-Detik Truk Terguling di Perlintasan Kereta Batu Tulis Bogor, Sopir Teriak Takbir

Truk terguling di pintu perlintasan kereta Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (14/1/2023) pagi. Begini ceritanya.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 14 Jan 2023, 09:42 WIB
Diterbitkan 14 Jan 2023, 09:42 WIB
Truk terguling di pintu perlintasan kereta Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (14/1/2023)
Truk terguling di pintu perlintasan kereta Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (14/1/2023) pagi. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta Truk bermuatan paving block terguling di pintu perlintasan kereta Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (14/1/2023) pagi.

Satu unit mobil Nisan Grand Livina pun rusak tertimpa paving block. Kecelakaan ini juga membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan akibat sebagian badan jalan terhalang badan truk tersebut.

Agar tidak mengganggu perjalanan kereta relasi Bogor-Sukabumi, polisi segera mengerahkan satu unit truk derek untuk menarik kendaraan Mitsubishi Fuso itu.

Uget (45) sopir truk terguling itu mengungkapkan detik-detik truk yang dikemudikannya terguling. Mulanya, truk melaju dari arah Jalan Lawang Gintung menuju Rancamaya. Setiba di lokasi kejadian, tepatnya di depan resto dan cafe tiba-tiba truk mengalami rem blong.

"Pas belokan jalan menurun, tiba-tiba rem blong. Di rem tangan juga ga bisa," ungkap Uget.

Awalnya, dia berinisiatif melajukan kendaraannya bergerak lurus memotong jalan masuk ke arah proyek Stasiun Bogor. Namun, situasi lalu lintas kendaraan dari arah berlawanan saat itu sangat padat.

"Dari arah berlawanan lagi banyak kendaraan. Saya sampai nyebut Ya Allah, Ya Allah, terus takbir sambil bunyikan klakson supaya mobil pada minggir. Ya Allah ini gimana," ucap dia.

Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa, Uget akhirnya nekat mengikuti arah jalan lalu membanting stir tepat di tikungan Stasiun Batu Tulis hingga truk bernomor polisi A 6787 YX itu terbalik di perlintasan kereta.

"Sengaja saya banting stir supaya terguling, Saat banting stir kebetulan di perlintasan lagi ga padat," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ada Korban Jiwa dan Luka

Truk terguling di pintu perlintasan kereta Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (14/1/2023) pagi. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
Truk terguling di pintu perlintasan kereta Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Sabtu (14/1/2023) pagi. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut, namun satu unit kendaraan Grand Livina rusak di bagian kap dan kaca depan pecah tertimpa paving block.

"Untungnya truk terbalik, kalau tidak, bisa nyebur ke sungai Cisadane," ucap pria asal Cikupa, Tangerang ini.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Truk dan mobil sedang dalam proses evakuasi agar tidak mengganggu perjalanan kereta.

"Mobil dan truk sudah berdiri. Kini sedang dalam proses evakuasi dari lintasan kereta," kata Galih.

Dia mengatakan belum dapat menyimpulkan penyebab truk itu terguling. Petugas polisi masih memintai keterangan saksi dan sopir serta kernet truk.

"Yang pasti untuk korban nihil, tidak ada korban," ujar Galih.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya