Zainudin Amali Resmi Serah Terima Jabatan Menpora ke Menko PMK Muhadjir Effendy

Muhadjir ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Menpora setelah Presiden Joko Widodo mengambulkan pengunduruan diri Zainudin Amali.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Mar 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2023, 13:42 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir Gandeng Kapolri Beri Kartu Merah untuk Mafia Bola
Menpora Zainudin Amali (kanan) memberikan konferensi pers tentang penegakan hukum match fixing di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (19/2/2023). "Kita vonis kartu merah untuk para mafia bola. Sepakbola kita sulit berkembang selama mafia pengatur skor belum kita tendang," ujar Erick dalam keterangan persnya di media center Stadion Utama Gelora Bung Karno, hari ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Zainudin Amali resmi melakukan serah terima jabatan (sertijab) ke Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Menpora di Wisma Kemenpora Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Muhadjir ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Menpora setelah Presiden Joko Widodo mengambulkan pengunduruan diri Zainudin Amali.

Penunjukan Muhadjir Effendy tertuang dalam salinan Keputusan Presiden Nomor 18/P Tahun 2023 tanggal 13 Maret 2023. Muhadjir akan menjabat sebagai pelaksana tugas Menpora hingga Menpora definitif dilantik.

"Saya menerima jabatan Menpora setelah pak Hanif Dhakiri. Memang nasib saya kembali menyerahkan jabatan kepada Plt. Saya tidak pernah menerima dan menyerahkan jabatan kepada Menpora definitif," kata Amali.

"Hari ini saya berakhir di Kemenpora, ini adalah ujung jalan perjalanan saya di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selamat datang Prof Muhadjir Effendy," ucap Amali. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ingin Lama Jadi Plt Menpora

Zainudin Amali resmi melakukan serah terima jabatan (sertijab) ke Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Menpora di Wisma Kemenpora Jakarta
Zainudin Amali resmi melakukan serah terima jabatan (sertijab) ke Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Menpora di Wisma Kemenpora Jakarta. (Istimewa)

Dalam pidatonya Muhadjir menyatakan bakal maksimal mengemban amanah presiden. Dia juga berharap tak terlampau lama mengisi kekosongan jabatan tertinggi Kemenpora.

"Saya akan jadi Plt sampai hadir Menpora definitif. Mudah-mudahan tidak terlalu lama, semakin cepat semakin baik, karena program saya banyak. Kemenko PMK itu mengurus orang miskin dan orang susah. Ada program prioritas yang kejar tayang untuk 1 tahun 7 bulan lagi," kata Muhadjir. 

Sebagai informasi, Zainudin Amali mundur dari Kemenpora karena terpilih sebagai Waketum PSSI 2023-2027.

Dia mengirim surat pengunduran diri pada Maret 2023 kepada Presiden Jokowi.

 

Reporter: Alma Fikhasari 

Sumber: Merdeka.com

Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI
Infografis Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya