Komentari Safari Politik Anies Baswedan di Surabaya, Sekjen PDIP: Sepi

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengomentari safari politik bakal calon presiden Anies Baswedan selama tiga hari di Surabaya. Menurut Hasto, kegiatan mantan Gubernur DKI Jakarta itu di Surabaya tidak menarik bagi masyarakat Kota Pahlawan.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 19 Mar 2023, 18:07 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2023, 18:07 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Dian Kurniawan/Liputan6)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Dian Kurniawan/Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengomentari safari politik bakal calon presiden Anies Baswedan selama tiga hari di Surabaya. Menurut Hasto, kegiatan mantan Gubernur DKI Jakarta itu di Surabaya tidak menarik bagi masyarakat Kota Pahlawan.

"Safarinya (di Surabaya) kan sepi," ujar Hasto jelang pelantikan pengurus Taruna Merah Putih (TMP) Jawa Timur di Surabaya, Minggu (19/3/2023).

Hasto mengungkapkan, sepinya safari yang dilakukan Anies di Surabaya karena masyarakat tahu siapa yang berperan menata Kota Surabaya.

Diketahui, wali kota Surabaya memang dari PDIP, mulai dari Bambang DH, Tri Rismaharini dan Eri Cahyadi. "Karena tahu Kota Surabaya selama ini tahu siapa yang membangun," kata Sekjen PDIP Hasto.

Hasto menilai kedatangan Anies Baswedan ke Surabaya tidak relevan. Dia merujuk pada kondisi DKI Jakarta setelah dipimpin Anies. "Orang datang dengan gagasan-gagasan tidak relevan. Masyarakat Surabaya bisa menilai," ujar Hasto.

"Orang Surabaya akan berpikir, kalau hebat majukan dulu Jakarta lebih hebat dari Surabaya dong. Baru datang ke Surabaya," imbuh Hasto Kristiyanto.

Anies Baswedan yang merupakan bakal capres dari Partai Nasdem melakukan safari politik selama tiga hari di Surabaya. Anies mengunjungi sejumlah tempat yakni, Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) pada Jumat 17 Maret 2023. Dia mendapatkan sambutan luar biasa dari relawan bahkan dari tamkir MAS.

Selanjutnya, Anies berziarah ke makam pencetus nama Nahdlatul Ulama (NU) KH Mas Alwi, di Tambakrejo, Simokerto, Surabaya, Sabtu sore, 18 Maret 2023.

Napak tilas kali ini dilakukan Anies sebagai cara dia menghormati pendiri NU, sekaligus mengenang perjuangan Kiai Mas Alwi dalam upaya merebut kemerdekaan RI kala itu.

Pada malam harinya, Anies menjadi pusat perhatian masyarakat saat mengunjungi Jalan Tunjungan Surabaya. Kedatangannya untuk menikmati suasana malam hari dan melayani sejumlah warga yang ingin berswafoto bersama dirinya.

Anies Baswedan juga hadir dalam acara Festival Menanam Kebaikan, Menjemput Kebaikan, di Surabaya, Minggu pagi, 19 Maret 2023. Siang harinya dia bertolak kembali ke Jakarta.


Pesan Anies Baswedan untuk Warga Jawa Timur

Anies Baswedan menjadi pusat perhatian masyarakat saat mengunjungi Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Anies Baswedan menjadi pusat perhatian masyarakat saat mengunjungi Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain melayani foto bersama emak-emak, Anies Baswedan juga menanam ribuan pohon dan menabur ribuan benih ikan di Kalimas Surabaya. Kegiatan itu dilakukan untuk menyambut Hari Air Sedunia yang jatuh setiap tanggal 23 Maret.

"Pagi ini adalah sebuah kegiatan unik, yang kita bicara tentang lembaran kebaikan. Tadi secara simbolis diserahkan tanaman dan bendera putih. Yang tadi sebelumnya juga pelepasan sekitar 5 ribu ikan di Kalimas," kata Anies.

Ribuan pohon itu terdiri dari banyak jenis, mulai dari pohon mangga, rambutan, jeruk, kelengkeng, dan lainnya. Berbagai jenis pohon itu dipilih untuk menjaga alam, dan juga bisa menjadi perekomian masyarakat saat pohon berbuah untuk dijual.

"Pesan tentang bagaimana kita lakukan kebaikan mengajak yang lain menyebarkan kebaikan. Ini dilakukan pagi ini di Surabaya, sebuah kota yang dikenang sebagai tempat bukti pahlawan-pahlawan itu dilahirkan oleh keluarga di sini, dan kami yakin semangat kebaikan itu terus terawat dan membesar," kata Anies.

Sementara itu, dalam menyongsong Hari Air Sedunia, Anies berpesan kepada masyarakat agar selalu menjaga lingkungan hidup. Baik itu tanaman maupun ikan yang ada di sungai.

"Kedua ini adalah menyongsong Hari Air yang tanggal 23 besok akan kita peringati sama-sama. Betapa pentingnya menjaga agar lingkungan hidup kita terus diwariskan kepada anak anak kita, cucu kita, sebagaimana kita meraihnya dan mendapatnya," kata Anies.

Anies bersyukur kegiatannya selama tiga hari di Jawa Timur berjalan lancar. Dia berterima kasih kepada semua relawan atas bantuan dan semangat selama beraktivitas di Jatim. Ia juga berpesan kepada relawan agar tetap menjaga soliditas untuk Pemilu 2024 mendatang.

"Hari ini adalah penuntasan kegiatan hari Jumat kemarin. Dan, alhamdulillah saya bersyukur atas silatuhrami dan antusiasme tentang masa depan Indonesia yang lebih adil. Kondisi kita yang lebih baik, insyaallah kita menyongsong bersama-sama di pemilu tahun depan. Saya titip jaga soliditas untuk Pemilu 2024," ujar Anies.

Infografis Anies - Gibran Duduk Semeja Sarapan Bareng di Solo
Infografis Anies - Gibran Duduk Semeja Sarapan Bareng di Solo (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya