Lintasan Baru Ujian Praktik SIM C Resmi Diterapkan di Bekasi

Korlantas Polri resmi menerapkan desain baru untuk jalur lintasan ujian SIM C. Trek yang sebelumnya berbentuk angka delapan, kini berubah menjadi letter S sesuai imbauan Kakorlantas Polri.

oleh Bam Sinulingga diperbarui 08 Agu 2023, 03:17 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2023, 03:17 WIB
Desain lintasan ujian praktik SIM C yang baru berbentuk letter S di Polres Metro Bekasi Kota mendapat sambutan baik dari pemohon.
Desain lintasan ujian praktik SIM C yang baru berbentuk letter S di Polres Metro Bekasi Kota mendapat sambutan baik dari pemohon. (Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Liputan6.com, Jakarta - Korlantas Polri resmi menerapkan desain baru untuk jalur lintasan ujian SIM C. Trek yang sebelumnya berbentuk angka delapan, kini berubah menjadi letter S sesuai imbauan Kakorlantas Polri.

Perubahan desain ini disambut baik oleh para pemohon SIM C, salah satunya di Polres Metro Bekasi Kota. Mereka menilai trek baru tersebut lebih sederhana dan mudah untuk dilalui.

"Berdasarkan arahan dari Korlantas, kita sudah mengubah arah trek ujian praktik SIM roda dua. Kita di angka 8 itu sudah tidak ada, kita ubah di letter S," kata Kasubnit 2 Regident Polres Metro Bekasi Kota, Devi Sumardiono di lokasi, Senin (7/8/2023).

Menurutnya, perubahan lintasan turut berimbas pada angka kelulusan praktek SIM C di Mapolres Metro Bekasi Kota, yang naik menjadi 90 persen.

"Alhamdulillah kalau bagi warga ya memudahkan dan hasilnya luar biasa. Persentase kelulusan sekitar 90 persen. Untuk yang lansia umur 40-50 tahun, saya rasa langsung bisa mengikuti tes dengan mudah," ujar Devi.

"Pertama melalui lintasan utama, pemberhentian di sini distop sebelum melewati garis blok area kuning, tujuannya untuk mengurai kemacetan. Kemudian, setelah itu U turn arah putar balik, selanjutnya berhenti pengereman untuk memilih dua jalur simpang, ke kiri dan ke kanan," jelasnya.

Sementara sejumlah pemohon SIM C di Satlantas Polres Metro Bekasi Kota mengaku senang dengan penghapusan jalur zig zag dan angka delapan yang dianggap menyulitkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemohon Diharuskan Daftar Online

Desain lintasan ujian praktik SIM C yang baru berbentuk letter S di Polres Metro Bekasi Kota mendapat sambutan baik dari pemohon.
Desain lintasan ujian praktik SIM C yang baru berbentuk letter S di Polres Metro Bekasi Kota mendapat sambutan baik dari pemohon. (Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Salah satunya Naufal yang menilai trek letter S lebih mudah dan relevan dengan lintasan jalan raya. Dengan trek yang baru ini, mayoritas pemohon SIM C bisa menyelesaikan praktik kurang dari semenit.

"Banyak perubahan, lebih gampang aja yang sekarang. Kalau dulu kan ada angka delapan dan zig zag, sekarang tinggal ikutin alurnya aja. Maksudnya tidak pecah-pecah jalurnya gitu, sudah jelas," papar Naufal.

Hal senada juga disampaikan Aditya Yusuf, pemohon SIM C lainnya yang sempat kesulitan menyelesaikan jalur angka delapan saat ujian praktik sepeda motor.

"Karena gak semua orang bisa, susah juga. Dan menurut saya angka delapan juga kurang efektif karena tidak terealisasikan di jalan juga. Kalau yang sekarang karena cukup simple dan intinya langsung aja seperti di jalan raya," ungkapnya.

Diketahui untuk pembuatan SIM C di Polres Metro Bekasi Kota, pemohon diharuskan mendaftar online terlebih dulu. Usai mendapat nomor, pemohon bisa langsung melakukan pemeriksaan kesehatan serta ujian teori dan praktik.

Proses untuk mendapatkan SIM C membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam. Pemohon yang gagal ujian praktik, bisa mengulang kembali satu minggu kemudian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya