Pemkab Tangerang Bakal Terapkan WFH di Kawasan dengan Kualitas Udara Buruk

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang bakal menerapkan Work From Home (WFH) kembali, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Namun, tak semua wilayah di Kabupaten Tangerang akan menerapkan WFH.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 18 Agu 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2023, 16:05 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Pramita Tristiawati/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta - Upaya mengurangi polusi udara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang bakal menerapkan Work From Home (WFH) kembali, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Namun, tak semua wilayah di Kabupaten Tangerang akan menerapkan WFH.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memastikan, WFH nantinya akan diterapkan pada wilayah yang memang terindikasi berdasarkan data dan hasil survei yang memiliki kualitas udara yang buruk.

"WFH akan diterapkan, tapi dengan catatan memang kualitas udaranya buruk. Namun, untuk wilayah yang memiliki kualitas udara baik, seperti kawasan Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, tentu tidak akan diterapkan," katanya.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mencatat, terdapat dua wilayah dengan kualitas buruk di Kabupaten Tangerang berdasarkan hasil pengujian baku mutu udara.

Kabid Bina Hukum atau Wasdal Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) DLHK Kabupaten Tangerang, Ari Marogo menambahkan, pengujian baku mutu dilakukan di empat zona pilihan.

Untuk zona pilihan itu, yakni zona perkantoran, industri, pemukiman dan transportasi. Dimana, keempat zona itu dilakukan pengujuan mulai dari Cikupa, Curug, Tigaraksa, Pasar Kemis dan Balaraja.

"Ada empat zona yang kita uji, dari keempat itu, mutu kualitas udara yang buruk berada di zona transportasi yang masuk Kecamatan Cikupa dan Balaraja," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pegawai Diminta Bersepeda di Hari Jumat

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengimbau kepada seluruh aparatur Pemkot Tangerang untuk tidak membiasakan gaya hidup berlebihan serta bijak dalam menggunakan sosial media.

Sementara, di Kota Tangerang, sesuai imbauan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, bila setiap hari Jumat, pegawai Pemkot akan bersepeda atau memberi tebengan mobil satu sama lain.

Seperti yang terlihat di halaman Puspemkot Tangerang, banyak pegawai yang mengendarai sepeda untuk menuju kantor dan ada pula yang saling memberi tumpangan mobil. Maka terlihat, satu mobil pribadi diisi penuh penumpang lima sampai enam orang.

Salah satunya, terlihat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dimana hampir 30 pegawai menggunakan sepedah dan puluhan pegawai lainnya menerapkan Nebengers.

"Isu buruknya kualitas udara saat ini adalah tanggungjawab kita bersama. Dengan itu, atensinya kuat untuk pegawai DPMPTSP terapkan, dan alhamdulillah pegawai pun menyambut dengan antusias," ungkap Taufik Syahzaeni, Kepala DPMPTSP, yang turut mengenakan sepedah ke kantor.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya