Ikut Bantu Warga Sipil Palestina, Brand Kecantikan ESQA Kirim Sumbangan Rp600 Juta

Brand kecantikan tanah air ESQA Cosmetics (ESQA) yang menyumbangkan donasi sebesar Rp600 juta untuk masyarakat sipil Palestina di Gaza.

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 07 Nov 2023, 21:19 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2023, 21:08 WIB
Brand kecantikan tanah air ESQA Cosmetics (ESQA) yang menyumbangkan donasi sebesar Rp600 juta untuk masyarakat sipil Palestina di Gaza.
Brand kecantikan tanah air ESQA Cosmetics (ESQA) yang menyumbangkan donasi sebesar Rp600 juta untuk masyarakat sipil Palestina di Gaza. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah bantuan kemanusiaan, baik dari pemerintah maupun masyarakat Indonesia dikirim untuk warga sipil Gaza, Palestina di tengah serangan militer Israel.

Termasuk salah satunya brand kecantikan tanah air ESQA Cosmetics (ESQA) yang menyumbangkan donasi sebesar Rp600 juta untuk masyarakat sipil Palestina di Gaza.

Menurut Chief Business Officer ESQA Cosmetics Regina Widjaja, bantuan tersebut disalurkan melalui dua lembaga kredibel yang selama ini aktif menyalurkan bantuan ke warga Palestina, yaitu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Palestine Children’s Relief Fund (PCRF).

"Keluarga besar ESQA prihatin terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi pada masyarakat Palestina di Gaza dan berharap kekerasan dapat segera dihentikan. Sebagai bentuk kontribusi mendukung kemanusiaan, ESQA telah menyumbangkan donasi untuk membantu masyarakat sipil Palestina di Gaza," ujar Regina melalui keterangan tertulis, Selasa (7/11/2023).

"Bantuan akan difokuskan untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar dan kesehatan masyarakat Palestina di Gaza termasuk anak-anak dan balita," sambung dia.

Regina mengatakan, penyaluran donasi ke masyarakat sipil di Gaza juga merupakan upaya ESQA untuk menjadi corong penyuaraan aspirasi para pengguna kosmetik ESQA.

"Kami yakin dukungan ini dapat disalurkan secara tepat sasaran oleh mitra kredibel yakni BAZNAS dan PCRF, sehingga dapat membantu kondisi berat yang harus dihadapi masyarakat sipil Palestina di Gaza secara optimal. Sejalan dengan arahan pemerintah Indonesia yang disampaikan Presiden Joko Widodo, kami berharap krisis kemanusiaan di Gaza dapat segera berakhir," ucap Regina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Zaskia Adya Mecca, Rachel Vennya hingga Syifa Hadju Saksikan Jokowi Kirim Bantuan untuk Palestina

Presiden Jokowi, Syifa Hadju dan Tokoh Publik Lain Kirim 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan bagi Masyarakat Gaza. Foto: Kitabisa.
Presiden Jokowi, Syifa Hadju dan Tokoh Publik Lain Kirim 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan bagi Masyarakat Gaza. Foto: Kitabisa.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia ke Palestina pada Sabtu 4 November 2023 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Para artis Tanah Air juga ikut menyaksikan secara langsung momen ini.

Yang pertama adalah Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Melalui akun Instagramnya, ibu lima orang anak itu menyampaikan rasa syukurnya karena bantuan Indonesia untuk Palestina satu per satu telah meluncur.

"Alhamdulillah pagi ini ku, mas @hanungbramantyo , team @kitabisacom juga temen2 influencer lain berkesempatan menyaksikan pelepasan pesawat hercules bersama TNI yang membawa bantuan dari masy Indonesia untuk saudara2 kita di 🇵🇸," tulisnya.

Zaskia Adya Mecca berharap bantuan dari Indonesia ke Palestina dapat terus meningkat.

"Memang pengiriman belum bisa maksimal, hari ini baru 2 hercules dan 1 pesawat kargo yang bisa jalan.. Tapi insyaa Allah, perlahan kita terus konsisten membantu , mendampingi semua di Ga za lewat segala jalur yang memungkinkan," sambungnya.

 


Rachel Vennya Buka Penggalangan Dana

Rachel Vennya ikut Aksi Bela Palestina
Rachel Vennya suarakan perihal kemanusiaan di Aksi Bela Palestina. [Foto: Instagram/rachelvennya]

Selanjutnya yang juga diundang untuk menyaksikan kesempatan ini adalah selebgram Rachel Vennya. Setelahnya, mantan istri Niko Al Hakim ini juga tergerak membuat penggalangan dana.

"Aku baru aja menyaksikan pesawat hercules terbang menuju Palestina untuk menyalurkan bantuan dari rakyat Indonesia. Kebetulan juga ada Pak Presiden dan Pak Menteri dan Kedubes dari Palestina," tuturnya di Instagram.

"Aku sadar masih banyak banget bantuan yang diperlukan dan aku yakin setiap public figure punya market masing-masing. Aku pengin kita semua sama-sama membantu dengan cara masing-masing," imbuhnya dengan menyertakan link penggalangan dana.

Selain itu, Syifa Hadju, Rizky Nazar hingga Atta Halilintar juga hadir di kesempatan yang sama.

"Artis dan publik figur seperti Syifa Hadju @syifahadju , Rizky Nazar @rizkynazar20 , hingga Atta Halilintar @attahalilintar turut hadir dan turut mendukung dalam acara pelepasan bantuan masyarakt Indonesia melalui BAZNAS untuk Palestina yang bekerja sama dengan para mitra di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma pada Sabtu 4 November 2023," tulis pengelola akun baznazindonesia.

 


Indonesia Kirim Bantuan 51,5 Ton untuk Palestina, Mulai dari Bahan Makanan hingga Alat Medis

Indonesia Kirim Bantuan ke Palestina, TNI Kerahkan 2 Pesawat Hercules dan 44 Prajurit
Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan untuk warga Palestina korban perang Hamas-Israel. Bantuan dari Indonesia itu dikirim menggunakan dua pesawat Hercules C-130 milik TNI AU. (Foto: Puspen TNI)

Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama seberat 51,5 ton untuk Palestina, Sabtu 4 November 2023. Adapun bantuan yang dikirim Indonesia antara lain, bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, hingga logistik lainnya yang dibutuhkan di Gaza, Palestina.

"Ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan tiga pesawat dan berisi 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza," ujar Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat melepas bantuan di Pangkalan TNI AU Jakarta Timur, Sabtu 4 November 2023.

Adapun bantuan dibawa dengan menggunakan dua pesawat hercules milik TNI AU yang diberangkatkan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Nantinya, bantuan tersebut akan disalurkan ke Gaza melalui Mesir.

"Alhamdulilah pada pagi hari ini bantuan Indoensia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza," ujarnya.

Jokowi menyampaikan bantuan tahap kedua sedang dalam proses persiapan dan akan segera dikirimkan ke Palestina. Menurut dia, bantuan kemanusiaan ini gabungan dari pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan.

"Ada yang dari Baznas, IHA (Indonesian Humanitarian Alliance), dari PMI, dari Kita Bisa, dan juga dari pemerintah, TNI dan Polri," kata Jokowi.

Dia berharap semakin banyak masyarakat dan dunia usaha yang menyalurkan bantuan untuk Palestina. Jokowi menyebut bantuan tersebut merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap tragedi kemanusiaan di Gaza.

"Ini merupakan wujud solidaritas Indoensia, wujud kepedulian bangsa indoensia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di GAZA tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan," tutur Jokowi.

"Saya ingin menekankan kembali, bahwa Indoensia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina," sambung Jokowi.

Infografis Perang Hamas Vs Israel Kembali Berkecamuk. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Perang Hamas Vs Israel Kembali Berkecamuk. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya