Tingkatkan Kenyamanan, Pemdes Loh Sumber Kukar Perbaiki Jalan Penghubung ke 4 Desa

Pemerintah Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar), melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan pemukiman

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 08 Nov 2023, 11:40 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2023, 09:50 WIB
Pemdes Loh Sumber Perbaiki Jalan Penghubung ke 4 Desa
Pemerintah Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar), melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan pemukiman

Liputan6.com, Tenggarong Perbaikan sejumlah ruas jalan pemukiman terus dilakukan oleh pemerintah desa dan kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satunya yang sudah terealisasi di Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu. Pemdes melakukan perbaikan jalan yang merupakan jalan penghubung ke empat desa berbeda.

Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno, mengatakan, upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan berlalu lintas bagi warga setempat. Ia menjelaskan, perbaikan badan jalan tengah berlangsung di wilayah desa. Total panjang jalan yang dikerjakan mencapai 600 meter dan pekerjaan ini dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar.

"Perbaikan ini juga terealisasi berkat dukungan dari banyak pihak dan koordinasi yang baik antara desa dan dinas," ungkap Sukirno, Jumat (3/11/2023) lalu.

Peningkatan jalan desa tersebut melintasi dua rukun tetangga (RT), yaitu RT 5 dan 6 di Desa Loh Sumber. Selain itu, ruas jalan tersebut juga berfungsi sebagai salah satu penghubung empat desa yang berbeda, yaitu antara Desa Loh Sumber, Jembayan Dalam, Long Anai, hingga Sungai Payang.

"Peningkatan ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan berlalu lintas bagi warga Desa Loh Sumber dan tiga desa lainnya," kata Sukirno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peningkatan Konstruksi Jalan, Jadi Betonisasi

Sukirno mengatakan pihaknya tidak mengambil konstruksi sembarangan dalam peningkatan jalan tersebut. Pihaknya mengusulkan peningkatan konstruksi jalan dari aspal sebelumnya menjadi betonisasi.

Nantinya, pengecoran jalan sepanjang 600 meter akan dilakukan dalam beberapa spot-spot dan memiliki lebar jalan sekitar lima meter dengan ketebalan beton sekitar 20 sentimeter.

"Tahun kemarin, kami juga telah melakukan pengecoran spot-spot di jalan poros Desa Loh Sumber, dan pekerjaan ini adalah kelanjutannya," urainya.

 


Sesuai Arahan Program Bupati Kukar

Ia melanjutkan penjelasannya, bahwa peningkatan infrastruktur jalan desa menjadi salah satu fokus pekerjaan pihaknya. Meskipun begitu, pihak desa tidak akan dapat menyelesaikan pembangunan atau perbaikan seluruh jalan desa sekaligus.

Menurut Sukirno, anggaran untuk pembangunan dan rehabilitasi jalan desa bersumber dari pemerintah daerah, dan anggarannya terbatas. Namun, ia berjanji akan terus berkoordinasi dengan Dinas PU Kukar untuk melanjutkan peningkatan sejumlah ruas jalan desa.

Selain itu, dirinya juga berharap agar seluruh jalan desa dapat ditingkatkan melalui semenisasi dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni pada 2024 mendatang.

"Yang jelas, kami akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur secara luas, sesuai dengan program Bupati Kukar," pungkasnya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya