Pembangunan Rumah Produksi Bersama di Desa Jonggon Jaya Suntik Semangat Petani Jahe

Pembangunan Rumah Produksi Bersama (RPB) Jahe di Desa Jonggon Jaya Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara kabarnya hampir rampung dikerjakan.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 08 Nov 2023, 21:50 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2023, 21:50 WIB
Pembangunan Rumah Produksi Bersama di Desa Jonggon Jaya Suntik Semangat Petani Jahe
Rumah Produksi Bersama (RPB) Jahe di Desa Jonggon Jaya Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara.

Liputan6.com, Tenggarong Kabar hampir rampungnya pembangunan Rumah Produksi Bersama (RPB) Jahe di Desa Jonggon Jaya Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara memberikan angin segar dan suntikan semangat bagi petani jahe.

Pasalnya, beberapa waktu ke belakang, semangat para petani jahe sempat melempem karena jatuhnya harga jahe dan virus yang belum bisa ditemukan solusinya.

Kepala Desa (Kades) Jonggon Jaya, Muhammad Kholil mengatakan, pabrik produksi tersebut hanya tinggal menunggu waktu untuk mulai beroperasi.

“Ini sebagian petani sudah mulai semangat lagi untuk menanam,” kata Kholil, Jumat (3/11/2023).

Ia menuturkan, beberapa petani sudah mulai membuka lahan untuk menanam jahe. Beriringan dengan curah hujan yang sudah mulai turun setelah beberapa bulan ke belakang dilanda kemarau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemkab Salurkan Bantuan Bibit Jahe

Kholil juga menambahkan, semangat para petani untuk kembali menanam jahe ini juga dirangsang dengan penyaluran bantuan berupa bibit jahe yang disalurkan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar).

“Alhamdulillah, kemarin juga ada bantuan bibit jahe 10 ton dari Distanak Kukar,” ujarnya.

Dengan adanya RPB jahe ini, Kholil berharap dapat meningkatkan perekonomian para petani jahe di desanya. Apalagi memang Desa Jonggon Jaya dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil jahe yang cukup besar di Kukar.

“Mudah-Mudahan dengan adanya RPB ini harga jahe bisa stabil, jadi petaninya juga bisa sejahtera dan semangat menanam. Karena menanam jahe ini juga cukup sulit perawatannya,” tutur Kholil.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya