Pj Gubernur Kaltim: Pembangunan Buper Bertaraf Internasional di IKN Dilanjutkan!

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik berkomiten untuk melanjutkan proses perencanaan pembangunan Bumi Perkemahan (Buper) bertaraf internasional yang kini telah memasuki tahap Detail Engineering Design (DED).

oleh Fachri pada 23 Nov 2023, 19:35 WIB
Diperbarui 23 Nov 2023, 19:14 WIB
Pj Gubernur Kaltim.
Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik usai memimpin Upacara Pembukaan Raimuna Daerah 2023 di Buper Pramuka Bebaya Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran Samarinda, Senin (20/11/2023). (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Samarinda Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik berkomiten untuk melanjutkan proses perencanaan pembangunan Bumi Perkemahan (Buper) bertaraf internasional yang kini telah memasuki tahap Detail Engineering Design (DED).

“Oh iya dong, harus dilanjutkan!” ungkapnya usai memimpin Upacara Pembukaan Raimuna Daerah 2023 di Buper Pramuka Bebaya Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran Samarinda, Senin (20/11/2023).

Selain itu, Akmal mengatakan bahwa Gerakan Pramuka adalah wadah untuk membina anak-anak muda daerah. Menurutnya, pemerintah harus mendukung berbagai kegiatan kepramukaan termasuk fasilitas penunjangnya.

“Saya berterima kasih kepada Kwarda Kaltim yang sudah memulai langkah itu. Saya bilang, Kwarda Kaltim ini sudah tahu apa yang dilakukan dan sudah menyiapkan langkah-langkahnya. Informasinya, lokasi Buper ada di dekat Bukit Soeharto kurang lebih 459 hektare dan sudah DED. Pasti kita lanjutkan prosesnya,” katanya.

Akmal menyebut, dengan posisi Kaltim sebagai pusat pemerintahan masa depan, pemerintah daerah harus menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung kesuksesan pembangunan IKN, salah satunya dari sisi kepemudaan.

“Pramuka ini punya peran juga di situ. Aktivitas pramuka menjadi salah satu pendukung untuk IKN,” sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dekat Lokasi IKN

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) akan membangun bumi perkemahan (buper) bertaraf Internasional. Lokasi pembangunan buper ini berada dekat dengan lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Luas pembangunan buper mencapai 500 hektare dan Lebih luas dari Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur di DKI Jakarta yang menjadi pusat kegiatan kepramukaan dengan luas sekitar 230 hektare.

Pembangunan buper Kaltim ditarget rampung dalam dua sampai tiga tahun ke depan. Saat ini, proses pembangunan buper tengah ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kaltim.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya