Komisi IX DPR Minta E-Commerce Perhatikan Kesejahteraan Kurir Logistik

Anggota DPR Komisi IX, Arzeti Bilbina, mengaku prihatin dengan nasib kurir logistik. Menurut dia, kesejahteraan diberikan kepada kurir tidak cukup layak.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 25 Apr 2024, 16:51 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2024, 14:45 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI F-PKB Arzeti Bilbina
Anggota Komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR Komisi IX, Arzeti Bilbina, mengaku prihatin dengan nasib kurir logistik. Menurut dia, kesejahteraan diberikan kepada kurir tidak cukup layak.

“Ini pembahasan kami di komisi IX. Case mengenai e-commerce yang dimiliki oleh perusahaan asing, mereka menggunakan tenaga kerja kita di mana pembayaran yang diberikan itu sangat minim, apalagi untuk saat sekarang ya kita bicara untuk kebutuhan dan juga fasilitas sarana dan prasarana yang diberikan perusahaan juga sangat luar biasa di bawah standar nilai rata-rata yang ada,” kata Arzeti kepada awak media seperti dikutip Kamis (18/4/2024).

Namun Arzeti juga tidak menampik tingginya kebutuhan masyarakat yang butuh pekerjaan. Sehingga upah kecil pun tetap diambil, meski persaingan antar kurir semakin ketat sebab jumlahnya yang menjadi semakin banyak dan orderan yang diterima per kurir semakin sedikit.

Arzeti pun memastikan, komisinya akan terus membahas permasalahan terkait di parlemen dengan melibatkan Pemerintah. Dia berjanji tidak akan tinggal diam demi nasib anak bangsa yang lebih baik.

“Kami akan bahas juga dengan pemerintah. Bahwa ternyata perusahaan asing yang besar itu, tidak memikirkan kesejahteraan para pekerjanya,” sesal Arzeti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wajib Taat Hukum

Terpisah, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor mengatakan bahwa perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia wajib seharusnya wajib taat hukum dan peraturan yang berlaku. Ketika ditanya kemungkinan memanggil perusahaan terkait untuk mendiskusikan tentang upah kurir, Afriansyah tidak menutup hal tersebut.

“Tentunya kita selalu merangkul seluruh pemangku kepentingan dan hal-hal yang berkaitan dengan ketenagakerjaan pasti akan melibatkan seluruh pihak,” dia menandasi.

Infografis Macam-Macam Baju Adat di Indonesia (I)
Infografis Macam-Macam Baju Adat di Indonesia (I) (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)  
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya