Mobil Innova dan Harganya, Jadi Terlaris Nomor 2 di Indonesia pada April 2024

Mobil Innova menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan mobil yang tangguh, nyaman, dan memiliki fleksibilitas tinggi.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 03 Jul 2024, 17:15 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi mobil Innova (Otosia)
Ilustrasi mobil Innova (Otosia)

Liputan6.com, Jakarta Mobil Innova adalah salah satu mobil yang masuk dalam kategori Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang didesain, untuk mengakomodasi penumpang dan kargo dengan nyaman. Mobil ini telah menjadi pilihan yang populer di Indonesia, karena kemampuannya dalam menghadirkan kenyamanan dan fleksibilitas bagi penggunanya.

Dengan desain eksterior yang elegan dan modern, mobil Innova memberikan kesan yang mewah namun tetap sporty. Tersedia dalam berbagai varian dan pilihan warna menarik, mobil ini dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pengguna. Ruang kabin yang luas dan nyaman, membuat penumpang dapat menikmati perjalanan dengan tenang dan santai.

Selain itu, mobil Innova juga memiliki fitur-fitur yang canggih dan telah dilengkapi dengan teknologi terbaru. Fitur keselamatan seperti sistem pengereman anti-lock brake system (ABS), dual SRS airbags dan immobilizer, akan memberikan perlindungan ekstra bagi pengemudi dan penumpang. Sementara itu, sistem audio dan hiburan yang terintegrasi dengan layar sentuh, membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Dalam hal performa, Toyota Innova dilengkapi dengan mesin yang bertenaga, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun saat melaju di jalan raya. Dengan kapasitas kargo yang luas dan kursi yang dapat dilipat, mobil ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan keluarga maupun bisnis.

Berikut ini keunggulan Mobil Innova dan harganya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Tentang Mobil Innova

Ilustrasi all new Innova
Toyota akan memproduksi all new Innova setelah sebelumnya terdengar kabar bahwa mereka akan menghadirkan facelift (Foto: Speedlux)

Innova telah menjadi salah satu model terlaris Toyota, khususnya di Indonesia. Pada tahun 2023, Innova kembali mencatatkan penjualan yang tinggi dari generasi kedua (Reborn) dan generasi ketiga (Zenix) digabungkan. Sebelumnya, Innova generasi pertama juga pernah menjadi mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2005. Popularitas Innova tidak lepas dari reputasinya sebagai kendaraan yang andal, nyaman dan serbaguna.

Nama "Innova" diambil dari kata dalam bahasa Inggris, "Innovate," yang berarti berinovasi. Nama ini mencerminkan komitmen Toyota untuk terus menghadirkan inovasi dan peningkatan dalam setiap model yang mereka produksi. Dengan setiap generasi baru, Toyota berusaha memperkenalkan teknologi terbaru, desain yang lebih baik dan fitur-fitur yang memenuhi kebutuhan konsumen modern.

Di beberapa negara lain, mobil ini dikenal hanya dengan nama Toyota Innova. Kehadiran Kijang Innova pertama kali ditandai dengan peluncurannya pada tahun 2004, sebagai generasi kelima dari seri Toyota Kijang. Berikut adalah evolusi Toyota Kijang Innova dari generasi ke generasi. 

1. Generasi Pertama (2004-2015)

Generasi pertama Toyota Kijang Innova diluncurkan pada tahun 2004. Mobil ini adalah penerus dari Kijang Super dan diproduksi sebagai bagian dari proyek IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) Toyota, yang juga mencakup Toyota Hilux dan Toyota Fortuner. Seperti pendahulunya, Innova generasi pertama menggunakan sasis body-on-frame dan sistem penggerak roda belakang. Desain ini dipilih untuk memastikan kekuatan dan daya tahan yang tinggi, terutama mengingat kondisi jalan di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

2. Generasi Kedua (2015-2022)

Pada tahun 2015, Toyota meluncurkan generasi kedua dari Innova, yang dikenal di India dan Thailand sebagai Toyota Innova Crysta. Generasi kedua ini membawa berbagai peningkatan dari segi kenyamanan, fitur keselamatan, dan teknologi. Meski tetap menggunakan sasis body-on-frame, generasi ini menawarkan lebih banyak ruang dan kemewahan, serta peningkatan performa mesin dan efisiensi bahan bakar.

3. Generasi Ketiga (2022-Sekarang)

Generasi ketiga Toyota Kijang Innova diperkenalkan dengan nama berbeda di berbagai negara: di Indonesia sebagai Toyota Kijang Innova Zenix, di India sebagai Toyota Innova HyCross, di Filipina sebagai Toyota Zenix, dan di Vietnam sebagai Innova Cross. Berbeda dari generasi sebelumnya, Innova generasi ketiga menggunakan sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) jenis GA-C dengan konstruksi unibody dan sistem penggerak roda depan. Desain ini memungkinkan penggunaan mesin hybrid dan memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik.


Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Innova

Ilustrasi Innova Venturer diubah menjadi versi GR
Ilustrasi Innova Venturer diubah menjadi versi GR (Andrew Guerrero, TAM)

Kelebihan

1. Kenyamanan dan kesenyapan kabin Toyota Kijang Innova sudah lama diakui oleh masyarakat Indonesia. Hal ini berkat inovasi panjang pada sistem suspensi mobil ini. Pada bagian depan, Innova menggunakan suspensi Double Wishbone dengan pegas koil dan stabilizer. Sementara itu, bagian belakang menggunakan suspensi 4 Link dengan pegas koil dan Lateral Rod. Kombinasi ini membuat mobil ini nyaman saat melalui berbagai macam kontur jalan.

Di dalam kabin, baik di baris kedua maupun ketiga, penumpang tetap merasa nyaman dan lapang. Desain interior yang cerdas serta penggunaan bahan berkualitas tinggi memastikan bahwa kabin tidak terasa sempit meskipun diisi oleh 7-8 penumpang.

2. Toyota menjamin after sales service yang luas dan mudah diakses di seluruh Indonesia, sehingga pemilik Kijang Innova tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam perawatan kendaraan mereka. Bengkel resmi Toyota yang tersebar luas memastikan ketersediaan sparepart yang melimpah. Bahkan di bengkel umum sekalipun, servis dan perawatan Kijang Innova dapat dilakukan dengan mudah tanpa kesulitan berarti.

3. Salah satu pertimbangan utama dalam membeli mobil baru adalah harga jual kembali. Toyota Kijang Innova telah terbukti memiliki harga jual yang stabil dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Mobil ini juga memiliki daya tarik tersendiri di pasar mobil bekas, terutama Innova diesel keluaran sebelum tahun 2010 yang harganya kembali naik karena digandrungi oleh para penggemar mesin diesel. Mesin diesel Innova dikenal dapat ditingkatkan performanya jauh melampaui standar.

Kekurangan

1. Jika dibandingkan dengan MPV lain di kelasnya, harga Toyota Kijang Innova memang lebih tinggi. Misalnya, Wuling Cortez dijual dengan harga berkisar antara Rp 228-311 juta, sedangkan tipe termurah Innova dijual seharga Rp 369 juta. Perbedaan harga ini cukup signifikan dan menjadi salah satu kekurangan yang sering dibahas oleh calon pembeli.

2. Salah satu keluhan utama dari pengguna Toyota Kijang Innova adalah konsumsi bahan bakar yang boros. Hal ini disebabkan oleh mesin besar dan bodi yang juga besar, yang mengakibatkan efisiensi bahan bakar yang rendah. Banyak pengguna yang merasa performa mesin Innova kurang responsif meskipun konsumsi bahan bakarnya tinggi. Beberapa pengguna bahkan memilih untuk melakukan remap ECU guna meningkatkan performa mesin.

3. Toyota Kijang Innova memiliki bodi yang besar dengan dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Dimensi yang hampir mencapai 5 meter ini menyebabkan radius putar yang besar, membuatnya kurang pas untuk manuver di dalam kota atau saat berpapasan dengan kendaraan lain di jalan sempit. Kesulitan juga dirasakan saat harus putar balik di ruang yang terbatas.


Daftar Harga Terbaru

Toyota Kijang Innova diesel stok habis
Ilustrasi stok Toyota Kijang Innova diesel habis dari diler (TikTok/@adamtoyotakediri, doc.Otosia.com)

Berdasarkan data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza tidak lagi berada di puncak daftar teratas mobil terlaris di Indonesia. Penjualan mobil wholesale nasional pada bulan tersebut dipimpin oleh Daihatsu Sigra, yang berhasil mencatatkan total penjualan sebanyak 3.740 unit, menjadikannya mobil terlaris di Indonesia pada April 2024.

Harga Terbaru Toyota Kijang Innova per 1 Juni 2024

Berdasarkan informasi dari laman resmi Toyota, berikut adalah daftar harga terbaru Toyota Kijang Innova per 1 Juni 2024:

  1. New Kijang Innova 2.0 G M/T (transmisi manual) BSN (mesin bensin): Rp 384.100.000
  2. New Kijang Innova 2.4 G M/T (transmisi manual) DSL (mesin diesel): Rp 411.300.000
  3. New Kijang Innova 2.0 G A/T (transmisi otomatis) DSL (mesin diesel): Rp 431.900.000

Perlu dicatat bahwa ketiga model ini merupakan spot order, yang berarti harus dipesan terlebih dahulu sebelum pembelian.

Harga Terbaru Toyota Avanza per 1 Juni 2024

Selain Kijang Innova, berikut adalah harga terbaru All New Toyota Avanza per 1 Juni 2024:

  1. All New Toyota Avanza 1.3 E M/T: Rp 239.700.000
  2. All New Toyota Avanza 1.3 E CVT: Rp 254.200.000
  3. All New Toyota Avanza 1.5 G M/T: Rp 262.000.000
  4. All New Toyota Avanza 1.5 G CVT: Rp 276.700.000

Daftar 20 Mobil Terlaris di Indonesia pada April 2024

Berikut adalah daftar lengkap 20 mobil terlaris di Indonesia pada April 2024:

  1. Daihatsu Sigra: 3.740 unitToyota Rush: 3.068 unit
  2. Toyota Kijang Innova: 2.805 unit
  3. Toyota Avanza: 2.605 unit
  4. Suzuki Carry Pickup: 2.141 unit
  5. Honda Brio (Satya dan RS): 2.033 unit
  6. Toyota Calya: 2.021 unit
  7. Daihatsu Gran Max Pickup: 1.618 unit
  8. Mitsubishi Xpander (Cross + Hybrid): 1.312 unit
  9. Daihatsu Ayla: 1.248 unit
  10. Daihatsu Terios: 1.230 unit
  11. Toyota Hilux: 1.080 unit
  12. Toyota Agya: 930 unit
  13. Mitsubishi Pajero Sport: 830 unit
  14. Honda BR-V: 811 unit
  15. Daihatsu Xenia: 782 unit
  16. Suzuki XL7: 757 unit
  17. Mitsubishi L-300 Pickup: 725 unit
  18. Honda WR-V: 677 unit
  19. Wuling Cloud EV: 597 unit
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya