Heru Budi: Presiden Jokowi Bakal Tinjau Persiapan HUT ke-79 RI di IKN Besok

Kepala Sekretariat (Kasetpres) RI Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN) besok, 4 Juni 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 03 Jun 2024, 14:45 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 14:45 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memulai pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memulai pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) (dok: Arief)

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sekretariat (Kasetpres) RI Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN) besok, 4 Juni 2024.

Heru mengatakan, Jokowi bakal mengecek persiapan IKN jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

"HUT RI besok Pak Presiden meninjau ke lokasi," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/6/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan, HUT ke-79 RI memang tetap bakal digelar di IKN, Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

"Kami mempersiapkan skenario di Jakarta dan IKN. Bisa dipakai dua-duanya," kata Heru.

Heru menyampaikan, mundurnya kepala otorita IKN Bambang Susantono dan belum ada penggantinya itu tidak akan berpengaruh pada rencana pergelaran HUT ke-79 RI di IKN.

"Intinya HUT RI juga dilaksanakan di IKN," ujar dia.

Diketahui, persiapan HUT ke-79 RI menjadi peringatan kemerdekaan pemungkas di masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam agenda rapat yang dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno beserta jajaran dibahas sejumlah persiapan kegiatan di IKN, mulai dari agenda upacara, penetapan lokasi upacara, waktu pelaksanaan, detail jumlah pasukan, hingga tamu undangan.

Sebelumnya Heru menyatakan teknis penyelenggaraan upacara kemerdekaan RI diatur lebih lanjut dalam rangkaian rapat selanjutnya yang melibatkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, beserta kementerian terkait.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peserta Masih Dibahas

"Kalau waktunya kan sudah dikunci ya, itu di tanggal 17 Agustus, tinggal yang nanti dibahas apakah pelaksanaannya pukul 10 atau 11 waktu setempat," ujarnya yang dilansir dari Antara.

Terkait detail peserta apakah berlaku pembatasan atau tidak, Heru menyebut teknis itu akan diulas pada rapat lanjutan dalam dua sampai tiga hari ke depan.

"Saya selaku salah satu panitia 17 Agustus menyesuaikan dengan kondisi sarana prasarana," katanya.

Saat ditanya terkait logo terbaru perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, Heru menyebut belum ada keputusan terkait itu.


Jokowi Restui Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN Mundur

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan wakilnya, Donny Rahajoe menyatakan mundur dari jabatannya. Mundurnya mereka disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (3/6/2024).

“Hari ini telah terbit surat pemberhentian dengan hormat untuk Pak Bambang dan Pak Donny selaku ketua dan wakil otorita IKN disertari ucapan terimakasih dari Pak Presiden,” kata Menteri Sekretasi Negara Pratikno di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

Pratikno menambahkan, dengan mundurnya kepala dan wakil, Presiden Jokowi mengangkat pelaksana tugas sebagai kepala otorita dan wakil kepala otorita IKN sementara yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Raja Juli Antoni.

“Jadi keduanya (Basuki dan Raja Juli) dipanggil Pak Presiden agar mereka bisa menjamin pembangunan IKN seperti semula yaitu Nusa Rimba Raya dan memberikan hal positif untuk kita semua,” jelas Pratikno.

Saat ditanya alasan mundurnya Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Donny Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN, Pratikno mengaku tidak dijelaskan alasannya.

“Tidak dijelaskan (alasannya),” kata Pratikno menandasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya