Ekonom Apresiasi Daya Saing RI Tertinggi Sepanjang Sejarah, Dongkrak Kepercayaan Investor

Hasil gemilang itu tidak lepas dari tangan dingin Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

oleh Tim News diperbarui 29 Jun 2024, 18:32 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2024, 16:29 WIB
FOTO: IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Suasana gedung perkantoran di Jakarta, Sabtu (17/10/2020) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM) Andika Isma mengapresiasi peningkatan daya saing Indonesia yang mencetak rekor dengan berada pada posisi ke-27 dari 67 negara yang diyakini mendongkrak kepercayaan investor.

Menurutnya, hasil gemilang itu tidak lepas dari tangan dingin Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia yang melakukan sejumlah perombakan seperti kemudahan perizinan berusaha melalui Sistem Online Single Submission (OSS).

“Peningkatan peringkat daya saing Indonesia yang mencapai posisi ke-27 dari 67 negara menurut Institute for Management Development (IMD) adalah sebuah pencapaian signifikan. Ini menunjukkan bahwa Indonesia telah membuat kemajuan yang cukup berarti dalam berbagai aspek yang diukur oleh IMD, seperti efisiensi pemerintah, efisiensi bisnis, infrastruktur, dan performa ekonomi,” ujar Andika, Sabtu (29/6/2024).

Andika menilai peningkatan ini juga sebagai cerminan dari keberhasilan pemerintahan Jokowi dalam melakukan reformasi birokrasi yang berdampak positif bagi pertumbuhan investasi dan bisnis di Indonesia.

“Peningkatan ini juga mencerminkan keberhasilan dalam berbagai reformasi kebijakan yang telah diterapkan, serta peningkatan iklim investasi dan bisnis di Indonesia,” ucapnya.

Lanjut Andika menuturkan peningkatan peringkat daya saing Indonesia tentu dapat meningkatkan kepercayaan investor, terutama investor asing. Posisi yang lebih tinggi dalam peringkat global menunjukkan bahwa Indonesia menjadi tempat yang lebih menarik dan stabil untuk investasi.

Hal tersebut bisa menarik lebih banyak modal asing yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lebih lanjut dengan menjaga stabilitas politik dan memberikan kepastian hukum.

“Namun, kepercayaan investor tidak hanya didasarkan pada peringkat saja. Mereka juga mempertimbangkan stabilitas politik, kepastian hukum, dan ketersediaan infrastruktur yang memadai,” ucapnya.

“Oleh karena itu, meskipun peningkatan peringkat adalah sinyal positif, tetap diperlukan upaya berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan investasi yang kondusif dan dapat diandalkan,” tambahnya.

Lebih lanjut dosen ekonomi dan bisnis itu menganjurkan pemerintah untuk terus berupaya agar peringkat daya saing Indonesia lebih tinggi lagi dengan beberapa langkah salah satunya yaitu melakukan reformasi struktural berkelanjutan.

“Melanjutkan reformasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi birokrasi dan regulasi. Mempermudah proses perizinan dan mengurangi hambatan administratif akan sangat membantu, hal ini pasti selalu jadi hambatan di mana pun, kecuali kita punya orang dalam,” jelasnya.

Selain itu juga Andika mendorong agar pemerintah terus menggenjot berbagai pembangunan infrastruktur sebagai stimulus menarik minat investasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Meningkatkan investasi pada infrastruktur, termasuk transportasi, energi, dan teknologi informasi. Infrastruktur yang baik akan meningkatkan efisiensi dan menarik lebih banyak investasi,” urainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkatkan Kemampuan SDM

Yang tidak kalah penting kata Andika, pemerintah juga harus meningkatkan kecakapan dan kemampuan dari Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu bersaing secara global.

“Fokus pada pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja. SDM yang berkualitas akan meningkatkan produktivitas dan daya saing,” jelasnya.

Dikatakan Andika sektor inovasi teknologi dan kerja sama Internasional juga perlu diperhatikan pemerintah sebab perkembangan teknologi yang semakin cepat serta kerja sama internasional harus dibuka seluas-luasnya untuk menciptakan peluang ekonomi.

“Mendorong inovasi dan penggunaan teknologi dalam bisnis dan industri. Ini termasuk mendukung start-up dan perusahaan teknologi melalui kebijakan dan insentif yang tepat. Lalu meningkatkan kerja sama internasional dalam bidang perdagangan, investasi, dan teknologi. Kerja sama ini bisa membuka akses ke pasar yang lebih luas dan meningkatkan transfer teknologi,” tukasnya.


Daya Saing

Sebelumnya, berdasarkan International Institute for Management Development (IMD) melalui rilis World Competitiveness Ranking (WCR) 2024 tentang daya saing berbagai negara.

Indonesia menempati peringkat 27 dari 67 negara, naik 7 peringkat dari tahun lalu di posisi 34 dengan skor 71,52. Sejak 1997, baru kali ini Indonesia menembus peringkat 20-an, hanya di bawah Singapura (peringkat 1) dan Thailand (peringkat 25) untuk kawasan Asia Tenggara.

Infografis Bursa Calon Gubernur di Pilkada Jakarta Kian Ramai. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Calon Gubernur di Pilkada Jakarta Kian Ramai. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya