Hasil Copa America 2024: Drama VAR, Ekuador Lolos ke Perempat Final Singkirkan Meksiko, Venezuela Hajar Jamaika

Meksiko gagal mengalahkan Ekuador sehingga harus tersingkir di Copa America 2024, sementara Venezuela tampil sebagai juara usai menang telak atas Jamaika.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 01 Jul 2024, 09:19 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2024, 09:19 WIB
Copa America 2024
Santiago Gimenez dari Meksiko menendang bola pada babak pertama pada pertandingan Grup D CONMEBOL Copa America 2024 antara Meksiko dan Ekuador di State Farm Stadium pada 30 Juni 2024 di Glendale, Arizona. Omar Vega/Getty Images/AFP

Liputan6.com, Jakarta Timnas Ekuador lolos ke perempat final Copa America 2024 setelah menahan imbang Meksiko tanpa gol di State Farm Stadium pada matchday terakhir Grup B, Senin (1/7/2024). Mereka menemani Venezeula yang sebelumnya sudah memastikan tiket ke fase selanjutnya.

Drama terjadi di akhir laga saat Meksiko memilik peluang mencetak gol lewat titik putih setelah Torres melakukan pelanggaran. Namun, wasit setelah meninjau VAR tak menganggap harus ada penalti.

Dengan hasil imbang ini, Meksiko sebenarnya memiliki nilai sama 4 poin. Namun, Ekuador berhak maju ke babak 8 besar karena lebih unggul dalam selisih gol.

Pada laga lainnya di Q2 Stadium, Amerika Serikat, Venezeula semakin mengokohkan jadi pemuncak klasemen Grup B usai mengalahkan Jamaika 3-0. Tiga gol kemenangan dilesakkan Eduard Bello, Jose Salomon Rondon dan Eric Ramirez.

Meksiko dan Ekuador langsung bermain terbuka sejak awal pertandingan. Kedua tim berusaha mencari celah dan peluang agar bisa mencetak gol cepat.

Meksiko mulai lebih unggul dalam penguasaan bola. Namun, usaha Quinones maupun Gimenez menembus pertahanan Ekuador selalu gagal dan masih mudah diantisipasi.

Ekuador yang berusaha melepaskan diri dari tekanan lawannya, juga kesulitan mengembangkan permainan. Serangan mereka sering terhenti di lini tengah.

Hingga memasuki akhir babak pertama Meksiko dan Ekuador masih sulit mendekati area pertahanan lawannya. Bahkan, kedua pemain jarang melepaskan tembakan.

Peluang terbaik didapat Meksiko menjelang pertandingan usai. Menerima umpan dari sisi kanan, Gimenez mencoba menanduk bola, tapi melenceng dari gawang Ekuador.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kiper Ekuador Alexander Dominguez Gagalkan Dua Peluang Meksiko

Copa America 2024
Santiago Gimenez dari Meksiko mengontrol bola melawan Willian Pacho dari Ekuador pada pertandingan Grup D CONMEBOL Copa America 2024 antara Meksiko dan Ekuador di State Farm Stadium pada 30 Juni 2024 di Glendale, Arizona. Omar Vega/Getty Images/AFP

Ekuador langsung tancap gas begitu babak kedua dimulai. Mereka mencoba lebih agresif menggempur pertahanan Meksiko.

Namun, tak butuh waktu lama Meksiko gantian lebih banyak lagi menyerang. Menit 52 umpan Huerta di sisi gawang Ekuador terlambat disambut rekan-rekannya.

Luis Romo dijatuhkan di dalam kotak penalti Ekuador. Sempat mendapat protes dari pemain Meksiko, wasit tak mengganggap pelanggaran dan tidak perlu diberi penalti.

Penyelamatan gemilang dilakukan kiper Ekuador Alexander Dominguez setelah menyelematkan dua tendangan keras yang dilesakkan Quinones dan Gimenez di menit 64.

Gawang Meksiko nyaris kebobolan tiga menit kemudian lewat serangn balik cepat Ekuador. Beruntung tendangan Enner Valencia masih bisa diblok Julio Gonzalez.

Ekuador kembali memperoleh peluang mencetak gol pada menit 79. Serangan balik dilakukan Valencia dan tinggal berhadapan dengan bek Meksiko, sayang tembakannya melebar tipis di sisi gawang.

Meksiko yang memang sangat membutuhkan kemenangan pada laga ini, terus berupaya mengurung pertahanan Ekuador. Namun, hingga laga usai tak ada gol tercipta.


Susunan Pemain

Copa America 2024
Cesar Huerta dari Meksiko mengontrol bola melawan Piero Hincapie dari Ekuador di babak kedua selama pertandingan Grup D CONMEBOL Copa America 2024 antara Meksiko dan Ekuador di State Farm Stadium pada 30 Juni 2024 di Glendale, Arizona. Steph Chambers/Getty Images/AFP

Meksiko (4-2-3-1): Julio Gonzalez; Jorge Sanchez, Cesar Montes, Johan Vasquez, Gerardo Arteaga; Luis Romo, Luiz Chavez; Uriel Antuna, Orbelin Pineda, Quinones; Gimenez.

Pelatih: Jaime Lozano.

Ekuador (4-2-3-1): Alexander Dominguez; Angelo Preciado, Felix Torres, Willian Pacho, Piero Hincapie; Moises Caicedo, Alan Franco; John Yeboah, Kendry Paez, Jeremy Sarmiento; Enner Valencia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya