Jokowi Bakal Lantik 3 Wamen Baru Sore Ini, Begini Pesan Wapres Ma'ruf

Wapres Ma'ruf Amin berharap pejabat yang nanti dilantik Jokowi ialah mereka yang responsif dengan tantangan dan masalah baru yang ada di Indonesia.

oleh Winda Nelfira diperbarui 18 Jul 2024, 13:50 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 13:50 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin (Istimewa)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin merespons soal kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju. Total ada tiga posisi di kabinet yang bakal dirombak Jokowi.

Wapres Ma'ruf Amin berharap pejabat yang nanti dilantik Jokowi ialah mereka yang responsif dengan tantangan dan masalah baru yang ada di Indonesia. Para pejabat yang dilantik juga diminta dapat bekerja dengan baik.

"Harapannya tentu kerja lebih baik, lebih responsif terhadap perkembangan baru," kata Ma'ruf Amin dalam konferensi pers di Pembukaan Pameran Industri Kendaraan Bermotor Gaikindo International Auto Show (GIIAS) ke-31 2024, Tangerang, Kamis (18/7/2024).

Pasalnya, kata Ma'ruf dalam beberapa kondisi terjadi beberapa hal yang dapat menimbulkan tantangan hingga masalah baru dalam pemerintahan. Sehingga, pejabat dalam kementerian terkait harus lah yang responsif dengan hal tersebut.

"Karena memang banyak hal-hal yang situasi kan kadang-kadang kan terjadi tantangan baru, masalah baru, nah harus pejabat yang dilantik harus respon terhadap masalah tantangan baru itu," ucapnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju, Kamis (18/7/2024). Salah satu posisi yang akan diganti yakni, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) yang sebelumnya diisi oleh Harvick Hasnul Qolbi.

Berdasarkan sumber Liputan6.com, Jokowi dikabarkan akan menunjuk Sudaryono menjadi Wamentan untuk menggantikan Harvick Hasnul Qolbi. Adapun Sudaryono merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lantik Bendum Gerindra

Presiden Jokowi Resmi Lantik Zulkifli Hasan Jadi Mendag dan Hadi Tjahjanto Menteri ATR/BPN
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto memberikan keterangan usai melantik menteri dan wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju, Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Selain itu, Jokowi juga akan melantik Bendahara Umum (Bendum) Partai Gerindra Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II. Thomas merupakan keponakan Presiden Terpilih RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

Kemudian, Jokowi menunjuk Deputi Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi.

Adapun pelantikan para wakil menteri akan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Kamis (18/7/2024) pukul 15.00 WIB.

"Hari ini, tanggal 18 Juli 2024, pukul 15.00 WIB akan diagendakan pelantikan beberapa Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Kamis (18/7/2024).

"Posisi Wakil Menteri yang akan dilantik oleh Presiden adalah penambahan Wamenkeu, pengangkatan Wameninves dan pergantian Wamentan," sambungnya

Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya