Surya Paloh di Puncak Harlah ke-26 PKB: NasDem-PKB Tidak Boleh Berpisah

Ketum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan testimoni pada Harlah ke-26 PKB. Menurutnya, PKB dan NasDem memiliki sejumlah kesamaan.

oleh Winda Nelfira diperbarui 23 Jul 2024, 22:50 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 22:50 WIB
Ketum Partai NasDem Surya Paloh Hadiri Harlah ke-26 PKB
Ketum Partai NasDem Surya Paloh menghadiri Harlah ke-26 PKB di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (23/7/2024) malam. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh memberikan testimoni di Hari Lahir (Harlah) ke-26 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada kesempatan tersebut, Paloh memuji kepemimpinan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Saya memiliki subjektivitas tersendiri kepada Gus Muhaimin ini karena memang hubungan sudah berjalan puluhan tahun. Jadi melihat progres perjalanan, tahapan demi tahapan yang dilalui malam hari ini saya harus katakan Gus Muhaimin sudah jauh melampaui kemajuan apa yang saya capai," kata Surya Paloh di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa malam (23/7/2024).

Menurut dia, PKB dan NasDem memiliki persamaan, terutama soal perolehan kursi pada Pemilihan Umum (Pemilu). Artinya, kata dia, PKB dan NasDem tidak boleh berpisah.

"Pemilu yang lalu cuma lebih satu kursi sama sama ada kenaikan. Pemilu kali ini juga satu kursi. Ini menandakan NasDem dan PKB tidak boleh berpisah ke manapun juga," ucap Paloh.

Lebih lanjut, Paloh juga menyapa Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yang turut hadir pada acara Harlah PKB. Menurutnya, Dasco bakal menjadi tokoh yang bersinar ke dalam pemerintahan ke depan.

"Khusus untuk Bung Dasco ini saya perlu khusus sampaikan di tempat ini, inilah tokoh the rising star ke depan," ujar Ketum Partai NasDem ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harap Hubungan Antar-Parpol Tidak Kaku

Surya Paloh
Mereka antara lain Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan sejumlah jajaran partai PKB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di hadapan para pimpinan partai politik (Parpol) itu, Paloh berharap akan terjadi kolaborasi dan komunikasi yang tidak kaku antarparpol ke depan. Dia bilang, hal tersebut lah yang dibutuhkan Indonesia saat ini.

"Indonesia membutuhkan kita dalam suasana kebatinan yang semakin dekat satu sama lain bukan sebaliknya. Indonesia membutuhkan ini. Betapa pentingnya komunikasi politik ini harus berjalan secara cair, tidak kaku, dan tidak mau menang sendiri," kata Paloh.

Selain itu, Paloh juga berharap transisi pemerintahan ke depan di bawah kepemimpinan presiden dan wakil presiden terpilih bakal membawa progres yang baik sesuai harapan bersama.

"Maka pada Harlah PKB yang ke-26 ini, Mukernas dari lubuk hati saya yang paling mendalam untuk dan atas nama keluarga besar NasDem jaya lah PKB," ucap Paloh.


Surya Paloh hingga Dasco Hadiri Harlah PKB

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad hadir di puncak perayaan hari lahir Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-26 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa malam (23/7/2024).
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad hadir di puncak perayaan hari lahir Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-26 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa malam (23/7/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh hadir di puncak perayaan hari lahir (harlah) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-26 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa malam (23/7/2024).

Berdasarkan pantauan, Surya Paloh tiba di lokasi sekira pukul 19.32 WIB. Selain itu, dari Partai NasDem juga hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim.

Selain Surya Paloh, juga tampak Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya yang datang bersama politikus Partai Demokrat lainnya, Herman Khaeron.

Kemudian, terlihat hadir Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Politkus Partai Golkar sekaligus Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga turut hadir.

 


Dihadiri Elite PKS hingga PSI

Anies Baswedan Sambangi DPW PKB Jakarta
Acara Tasyakuran Harlah PKB ke-26 juga dihadiri sejumlah perwakilan partai politik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harlah PKB ke-26 juga diramaikan dengan kehadiran Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid, Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ratu Isyana Bagoes Oka.

Selain itu, juga terlihat Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Pejabat (Pj) Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Fachri Bachmid, Ketua Harian Perindo Angela Tanoesoedibjo.

Hadir pula Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel, serta Sekjen Partai Gelora Mahfudz Siddiq.

Sementara itu, politikus PDI Perjuangan (PDIP) belum tampak hadir di lokasi harlah PKB ke-26. Namun, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah diinformasikan dalam perjalanan menuju lokasi Harlah PKB ke-26 berlangsung.

Infografis Nasdem dan PKB Merapat ke Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Nasdem dan PKB Merapat ke Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya