Jokowi Akan Kunjungi IKN Besok, Cek Kantor Presiden dan Istana Negara

Jokowi dijadwalkan akan meresmikan jembatan dan mengecek jalan tol, Kantor Presiden, hingga Istana Negara yang ada di IKN.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 27 Jul 2024, 15:32 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 15:32 WIB
Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Progres IKN, Mendagri Mengaku Tidak Sabar Ingin Pindah ke IKN
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi sejumlah menteri meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, besok Minggu 28 Juli 2024. Jokowi akan meresmikan jembatan dan mengecek jalan tol, Kantor Presiden, hingga Istana Negara yang ada di IKN.

"Besok Bapak Presiden akan melakukan Kunjungan kerja ke IKN, antara lain beliau akan melakukan peresmian jembatan Pulau Balang Bentang Panjang, peninjauan jalan Tol IKN, peninjauan Kantor Presiden dan Istana Negara," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Sabtu (27/7/2024).

Dia tak mengungkapkan berapa lama Jokowi akan berada di IKN. Selain itu, Jokowi juga direncanakan mengecek lokasi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di IKN serta prasarana lainnya.

"Serta melakukan peninjauan lainnya termasuk pengecekan kesiapan tempat Upacara HUT RI dan sarana serta prasarana pendukung lainnya," ujar Yusuf.

"Beliau (Presiden) akan didampingi Menteri PU/ketua OIKN, Wamen ATR/Wakil Ketua OIKN dan Pejabat lainnya," sambung Yusuf.

Kapan Jokowi Berkantor di IKN?

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membuka kemungkinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada akhir Juli 2024. Heru menyebut Jokowi akan berkunjung ke IKN pada 28 Juli 2024.

"Rencana tanggal 28 (Juli) beliau (Presiden) akan meresmikan tol dan meninjau. Kami bersama PUPR dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan Bapak Presiden untuk berkantor di IKN," jelas Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Bakal Sidang Kabinet di IKN?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan alasan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI digelar di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan halaman Istana Merdeka Jakarta.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan alasan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI digelar di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan halaman Istana Merdeka Jakarta. (Tim Merdeka).

Dia menyebut Jokowi kemungkinan akan menginap selama dua hari di IKN pada akhir Juli 2024. Heru menyampaikan Jokowi juga akan kembali berkunjung ke IKN sebelum HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang.

"Jadi nanti setelah tanggal 28 (Juli), jadi mungkin beliau ada beberapa kali lagi ke IKN sebelum menjelang 17 Agustus. Kan masih ada kegiatan kunker (kunjungan kerja) dan lain-lain," jelas Pj Gubernur Jakarta itu.

Terkait pelaksanaan sidang kabinet di IKN pada 30 Juli 2024, Heru menuturkan hal tersebut akan dijelaskan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Heru memastikan pihaknya akan mempersiapkan seluruh kebutuhan terkait kegiatan Jokowi.

"Ada sidang kabinet atau tidak, kami Sekretariat Presiden bersama PUPR mempersiapkan segala sesuatu untuk menyiapkan kebutuhan kantor di sana," tutur Heru.

Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya